Trofi Juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora Diboyong R2 Solo ke Jawa Tengah

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 08 September 2019
Trofi Juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora Diboyong R2 Solo ke Jawa Tengah
Logo Kemenpora. (Istimewa)

BolaSkor.com - Trofi juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 menjadi milik Jawa Tengah. Gelar juara seri nasional diraih R2 Solo yang menjadi wakil dari Jawa Tengah.

R2 Solo mengalahkan Mitra Manakkara Mamuju, perwakilan Sulawesi Barat dalam final di Stadion Mini Cisauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (5/9). R2 Solo menang dengan skor 2-0.

R2 Solo menang setelah tampil penuh percaya diri dalam pertandingan final yang disaksikan sekitar 600 penonton tersebut. Mereka tidak gentar dengan catatan Mitra Manakarra, yang di semifinal menyingkirkan Persebaya sebagai juara Jawa Timur.

Skuat R2 Solo sudah mencetak gol pada menit kedua melalui Muh. Rohan F yang di akhir pertandingan terpilih sebagai pemain terbaik Seri Nasional LBU16 2019. Gol kedua Jawa Tengah tercipta pada menit ke-13. Kali ini gol disumbangkan Guntur Saputro.

Baca Juga:

Lisensi AFC Pro Jadi Jalan bagi Pelatih Lahirkan Pesepak Bola Indonesia Terbaik

Punya Gambaran Skuat Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri Tinggal Putuskan Pemain Senior di SEA Games

Mental bermain skuat Jawa Tengah terangkat. Sebaliknya pasukan dari Sulawesi Barat tampak menemui kesialan. Beberapa kali tembakan menerpa mistar gawang, termasuk peluang dari titik penalti di babak kedua, yang mampu digagalkan kiper R2, Nova Romadhona.

Trofi juara pun diboyong ke Jawa Tengah, setelah tahun lalu dipegang DKI Jakarta lewat Trisakti FC.

Selebrasi R2 Solo. (Istimewa)

LBU16 sebelumnya bernama Liga Pelajar U-16. Kompetisi yang digelar sejak seri region kabupaten/kota, seri provinsi, lalu seri nasional ini berlangsung sejak 2016. Juara edisi pertama adalah Persib (Jawa Barat), disambung tahun kedua diraih Fanshop Bandung (Jawa Barat).

Tahun ini penyelenggaraan seri nasional dipusatkan di Banten. Berlangsung pada 1-5 September 2019 di berbagai stadion dan lapangan wilayah Banten.

Kabid Olahraga Menengah Asdep Ordik Kemenpora, Ary Moelyadi, yang menutup final LBU16 2019 di Cisauk mengucapkan selamat kepada tim juara. Bagi yang belum mampu meraih juara, masih ada kesempatan di tahun-tahun berikutnya.

"Kami menyambut positif penyelenggaraan seri nasional tahun ini yang bisa mendatangkan 34 tim, sebagai perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Ary Moelyadi.

"Selamat kepada tim juara, semoga gelar tahun ini bisa menambah motivasi. Bagi tim yang belum berhasil juara, juga harus tetap bersemangat dan giat berlatih," tuturnya.

LBU16 2019 diselenggarakan Kemenpora RI dengan operator dari Manajemen Kompetisi (MK). Direktur MK sekaligus Koordinator Pelaksana Nasional LBU16 2019, M. Kusnaeni atau Bung Kus, menilai persaingan di kompetisi ini makin ketat. Gengsi juga bertambah tinggi.

"Yang membanggakan kami dari Seri Nasional kali ini adalah kehadiran 34 tim dari provinsi di seluruh Tanah Air. Ini bersejarah dan baru pertama kalinya terjadi," kata Bung Kus.

"Semoga tahun depan kami bisa mempertahankannya. Walaupun penyelenggaraan berikutnya, sesuai rencana, akan digilir ke luar Pulau Jawa," ia menambahkan.

Piala menpora Sepak bola indonesia Menpora Kemenpora
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan