BolaSkor.com - Chelsea keluar sebagai pemenang Liga Europa 2018-2019. Hasil tersebut diraih berkat kepemimpinan manajer asal Italia, Maurizio Sarri, di bangku cadangan.

Chelsea menghadapi Arsenal pada laga puncak Liga Europa 2018-2019, Rabu (29/5) waktu setempat. Pertandingan berlangsung di Baki Olimpiya Stadinou, Belarussia.

Pertandingan berjalan sengit sepanjang babak pertama. Baik Chelsea maupun Arsenal gagal menceploskan bola ke gawang masing-masing lawan mereka.

Keberuntungan memihak ke Chelsea empat menit setelah jeda. Memanfaatkan bola umpan Emerson, Olivier Giroud sukses mencatatkan nama di papan skor.

Eden Hazard menjadi arsitek gol kedua Chelsea yang dicetak Pedro ketika laga berjalan satu jam. Setelah itu, Hazard mencetak dua gol pada menit ke-65 dan 72'.

Baca Juga:

Liga Europa 2018-2019, Kado Perpisahan Sempurna Eden Hazard

Chelsea 4-1 Arsenal: Eden Hazard Menggila, The Blues Juara Liga Europa 2018-2019

Maurizio Sarri

Ini merupakan trofi kompetisi Eropa keenam yang dimenangi oleh Chelsea. Sebelumnya, The Blues memenangi Piala Winners 1971 dan 1998, Piala Super Eropa 1998, Liga Champions 2012, serta Liga Europa 2013.

Terdapat sedikit benang merah dari keberhasilan Chelsea pada lima kesempatan sebelumnya. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya dimenangi bersama manajer asal Italia.

Gianluca Vialli merupakan manajer Chelsea saat memenangi Piala Winners 1998 dan Piala Super Eropa 1998. Sementara itu, Roberto Di Matteo memimpin The Blues meraih trofi Liga Champions 2012.

Kini, Chelsea kembali memenangi trofi di kompetisi Eropa berkat kepemimpinan pria asal Italia. Orang yang dimaksud adalah manajer saat ini, Maurizio Sarri.

Roberto Di Matteo

Dengan raihan enam trofi kompetisi Eropa, empat di antaranya merupakan sumbangan dari manajer asal Italia. Artinya, sekitar 60 persen dari total piala di Benua Biru yang dimenangi Chelsea.

Selain itu, ini merupakan trofi pertama sepanjang karier manajerial Maurizio Sarri. Sebelumnya, prestasi tertinggi Sarri adalah menjadi runner-up Serie A bersama Napoli.

Kini, total ada enam manajer asal Italia yang pernah menjadi manajer Chelsea. Keenamnya adalah Gianluca Vialli, Claudio Ranieri, Carlo Ancelotti, Roberto Di Matteo, Antonio Conte, dan Maurizio Sarri.

Dari keenam manajer tersebut, tiga di antaranya mempersembahkan trofi Eropa. Dengan demikian, 50 persen manajer asal Italia yang menangani Chelsea sukses di kancah kontinental.