Tuai Kecaman, Liverpool Batal Manfaatkan Bantuan Pemerintah untuk Gaji Karyawannya

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 07 April 2020
Tuai Kecaman, Liverpool Batal Manfaatkan Bantuan Pemerintah untuk Gaji Karyawannya
Skuat Liverpool. (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool akhirnya tak jadi memanfaatkan bantuan pemerintah untuk membayar sebagian gaji karyawannya. Hal itu tak terlepas dari hujan kecaman yang ditujukan kepada klub asal Merseyside tersebut.

Awalnya Liverpool ingin memanfaatkan kebijakan The Coronavirus Job Retention yang dikeluarkan pemerintah Inggris untuk melindungi hak-hak pekerja. Kebijakan ini membuat pemerintah berkewajiban membayar 80 persen gaji pekerja yang dirumahkan selama masa pandemi berlangsung.

The Reds memanfaatkan kebijakan tersebut dengan merumahkan karyawannya sehingga hanya perlu membayar 20 persen gaji mereka. Langkah serupa juga dilakukan Tottenham Hotspur, Newcastle United, dan Norwich City.

Keputusan ini bisa membuat Liverpool berhemat secara signifikan. Namun langkah tersebut dinilai banyak pihak termasuk para legendanya justru merusak citra klub.

Baca Juga:

Minta Bantuan Pemerintah untuk Gaji Karyawan, Liverpool Dibanjiri Kecaman

Soal Pembayaran Gaji, Manchester United Tak Ikuti Cara Liverpool yang Undang Kontroversi

Dimitar Berbatov Dukung Pengesahan Liverpool sebagai Juara Premier League Musim Ini

“Kami mengambil kesimpulan yang salah pekan lalu dengan mengumumkan untuk menerapkan skema retensi virus corona dan merumahkan staf karena penundaan kalender sepakbola Premier League, dan benar-benar minta maaf untuk itu,” kata CEO Liverpool, Peter Moore di situs resmi klub.

"Ini adalah hasil dari konsultasi panjang dan pertimbangan internal kami sendiri di berbagai tingkatan klub bahwa kami telah memilih mencari cara alternatif, meski kami bisa saja menggunakan skema bantuan pemerintah di tengah pandemi virus corona ini."

Kandang Liverpool, Anfield.

Sebagai klub besar, langkah Liverpool memanfaatkan bantuan pemerintah untuk menggaji karyawannya memang kurang terpuji. Apalagi rival sekota Everton itu tidak sedang mengalami masalah keuangan.

Sebagai contoh, Manchester United dan Manchester City sudah mengkonfirmasi akan menggaji penuh para karyawannya. Kedua klub tersebut juga sempat mendonasikan sejumlah uang untuk membantu petugas medis menghadapi virus corona.

Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan