Tuan Rumah Piala Dunia 2018 Didakwa FA Terkait Kasus Rasial kepada Pemain Prancis

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 18 April 2018
Tuan Rumah Piala Dunia 2018 Didakwa FA Terkait Kasus Rasial kepada Pemain Prancis
Rusia terancam sanksi FIFA terkait rasisme (Getty Images)

BolaSkor.com - Masalah tidak kunjung berhenti menghampiri Rusia yang notabene tuan rumah Piala Dunia 2018. Belum selesai panasnya hubungan diplomatik Rusia dengan Inggris hingga ancaman boikot dari beberapa negara, kini ada lagi masalah yang lumrahnya terjadi di sepak bola Eropa, yaitu isu rasisme.

FIFA selaku federasi tertinggi sepak bola dunia mendakwa Rusia dengan kasus rasial, terkait chant rasial dari fans Timnas Rusia ketika berhadapan dengan Prancis di laga uji coba beberapa waktu lalu. Pada laga yang berakhir 3-1 untuk kemenangan Prancis itu, beberapa fans menargetkan dua pemain Prancis berkulit hitam, Paul Pogba dan Ousmane Dembele, sebagai target rasial dengan menirukan suara monyet.

Kejadian itu berlangsung di Krestovsky Stadium, markas Zenit Saint Petersburg, yang juga menjadi salah satu venue Piala Dunia 2018. FIFA telah mengumpulkan bukti dengan bantuan badan anti-rasial di Eropa (FARE) dan menyimpulkan, adanya dakwaan kepada Rusia terkait kasus tersebut.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa badan disiplin kami telah membuka kasus terhadap sepak bola Rusia untuk insiden rasisme. Saat ini, kami belum memiliki komentar tambahan," tegas juru bicara FIFA, sebagaimana dilansir dari Goal, Rabu (18/4).

Jelas, kasus itu semakin mencoreng citra Rusia yang akan menghelat pesta akbar sepak bola dunia. Apalagi, Zenit memang cukup sering bermasalah dengan kasus rasial, di mana kasus serupa terjadi di ajang Liga Europa ketika Zenit bentrok dengan tim asal Jerman, RB Leipzig, di 16 besar.

RFS selaku PSSI-nya Rusia wajib membenahi masalah menumpuk tersebut. Jika tidak, bukan tidak mungkin, pelancong atau fans dari luar negeri enggan datang ke Rusia karena kurangnya keamanan di sana. Apalagi, Piala Dunia 2018 akan dimulai dua bulan ke depan atau lebih tepatnya Juni mendatang.

Timnas rusia Timnas Prancis Piala Dunia 2018 Fifa Paul Pogba
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan