BolaSkor.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengungkapkan alasan di balik keputusan mengubah formasi menjadi empat bek. Tuchel berusaha beradaptasi dengan materi pemain yang tersedia.

Sejak kedatangannya, Thomas Tuchel mengubah formasi Chelsea menjadi tiga bek. Dengan taktik tersebut, The Blues menjadi satu di antara tim terkuat. Bahkan, gelar Liga Champions musim lalu berhasil diraih.

Namun, kini Tuchel mulai berpikir ulang. Sebab, pada beberapa hari terakhir, Chelsea terlihat menjadi tidak seimbang dengan formasi tiga bek. Tuchel dianggap terlalu memaksa Chelsea tampil dengan banyak pemain bertahan.

Tuchel pun melakukan perubahan ketika bersua Tottenham Hotspur. Ia menurunkan empat bek sejajar. Hasilnya, Chelsea menang dua gol tanpa balas.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Chelsea Tekuk Tottenham, Barcelona dan Madrid Kompak Menang

Lucas Digne Dipastikan Hengkang dari Everton, Chelsea dan Inter Pasang Badan

Comeback Usai Bikin Gaduh, Tuchel Puji Mentalitas Lukaku

"Untuk tampil dengan tiga bek, Anda membutuhkan tiga bek sentral. Sementara itu, untuk bermain dengan lima bek, Anda membutuhkan tiga bek sentral dan dua wingback. Kami tidak punya cukup pemain untuk itu," jelas Tuchel seperti dilaporkan laman resmi Chelsea.

"Andai perubahan cocok dengan pemain dan posisinya, itu yang terjadi pada pertandingan melawan Tottenham. Kami harus selalu terbuka melakukannya."

Bagi Tuchel, formasi tidaklah menentukan segalanya. Tuchel berharap, para pemainnya selalu memberikan yang terbaik apa pun formasi yang digunakan.

"Namun, yang paling penting adalah bagaimana kami tampil dengan formasi itu. Itu adalah soal energi kami dalam bermain dan keberanian para pemain untuk taktik," kata Tuchel.

"Terpenting adalah bagaimana para pemain bisa merespons perubahan itu," imbuhnya.

Berikutnya, Chelsea akan menghadapi Chesterfield pada putaran ketiga Piala FA, di Stadion Stamford Bridge, Minggu (9/1) dini hari WIB. Terakhir kali Chelsea bertemu Chesterfield di Piala FA adalah pada musim 1949-1950. Ketika itu, The Blues unggul 3-0 dalam partai ulangan.