BolaSkor.com - Dari peluang meraih tiga gelar dalam satu musim, Barcelona harus puas dengan hanya mendapatkan satu. Barca hanya bisa menjadi kampiun di LaLiga, sedangkan di Liga Champions mereka terdepak di semifinal. Terakhir, Lionel Messi cs kalah di final Copa del Rey oleh Valencia.

Barcelona boleh saja dengan mudah kembali menjadi juara LaLiga. Tapi, impian mereka di Liga Champions pupus lewat tragedi. Barca dilumat Liverpool 0-4 di leg kedua semifinal meski memiliki modal besar kemenangan 3-0 di leg pertama.

Baca Juga:

705 Pertandingan, Marcelino Baru Melakoni Final Perdana Kontra Barcelona

Barcelona Gagal Juara Copa del Rey, Ernesto Valverde Masih Ingin Bertahan

Josep Bartomeu
Presiden Barcelona Josep Bartomeu (zimbio)

Usai disingkirkan Liverpool, Barca seperti anak ayam kehilangan induk. Skuat Ernesto Valverde terlihat sulit melupakan tragedi di Anfield. Hingga akhirnya mereka kembali gagal di Copa del Rey, ajang yang sebelumnya didominasi Blaugrana.

Usai kekalahan 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey, sosok yang paling banyak disorot adalah Ernesto Valverde, sang pelatih. Namun, tampaknya Valverde masih akan bertahan mengingat sudah adanya garansi dari sang presiden klub, Josep Bartomeu.

Bagaimana dengan pemain? Berbagai media Spanyol mengabarkan sejumlah pemain, bahkan yang berstatus bintang, bisa tersapu dalam cuci gudang tim. Pasalnya, Bartomeu sudah memberi sinyal akan melepas beberapa pemain di bursa transfer musim panas nanti.

Samuel Umtiti dan Philippe Coutinho menjadi dua pemain pilar yang digadang-gadang bakal dilepas Barcelona musim ini. Khusus Coutinho, masa depan eks Liverpool ini memang sudah lama menjadi tanda tanya. Apalagi musim depan Barca akan diperkuat Frenkie de Jong yang diboyong dari Ajax Amsterdam.

Selain Umtiti dan Coutinho, diperkirakan bakal ada beberapa nama lain yang akan masuk dalam daftar cuci gudang Barca.

"Musim berakhir dengan titel juara LaLiga. Kami tidak ditakdirkan juara di Copa del Rey. Kami akan terus maju," ujar Bartomeu usai final Copa del Rey seperti dilansir Goal.

"Setiap tahun pemain baru datang. Sejauh ini kami sudah menggaet Frenkie de Jong. Kini kami sedang bekerja untuk mendatangkan pemain baru lainnya. Kami juga akan melepas beberapa pemain, seperti musim-musim sebelumnya," papar Bartomeu.