BolaSkor.com - Final Liga Champions akan mempertemukan dua wakil Inggris yaitu Manchester City dan Chelsea. Pertandingan final ini akan digelar di Estadio Do Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/5) dini hari WIB.

Sepanjang perjalanan keduanya dari babak fase grup sampai dengan babak final ini patut dihitung berapa banyak uang yang didapat oleh kedua tim tersebut. Tapi nampaknya jumlah yang akan keduanya dapat setelah selesai Liga Champions ini tidak akan sama dengan yang didapat pada Liga Champions tahun lalu.

Tahun lalu, setelah berhasil menjadi juara Liga Champions Bayern Munchen berhasil mengumpulkan 130 juta euro dalam bonus dan pendapatan siaran untuk memenangkan Liga Champions tahun lalu. Ini jumlah yang cukup banyak meski kompetisi digelar pada saat Pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Perjalanan Manchester City Menuju Final Liga Champions

Manchester City Melawan Stigma Negatif Jelang Final Liga Champions

Kemahalan, 800 Tiket Final Liga Champions Tidak Laku

Man City vs Chelsea (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Tapi nampaknya Manchester City dan Chelsea diperkirakan akan bersaing untuk mendapatkan hadiah uang yang jauh lebih sedikit di final Liga Champions.

Biaya luar biasa untuk UEFA datang dari mempekerjakan Estadio do Dragao dari Porto. Ini yang membuat biaya operasi UEFA menggelembung karena memindahkan venue final Liga Champions dari Turki ke Portugal.

Tidak hanya itu saja, UEFA juga harus membayar kompensasi kepada Federasi Sepak Bola Turki, yang absen menjadi tuan rumah final pada tahun kedua berturut-turut. Hanya dari mengikuti kompetisi tersebut, masing-masing klub mengantongi base fee senilai 15,25 juta euro musim ini.

Untuk setiap kemenangan selama penyisihan grup, klub berhak atas biaya 2,7 juta euro, dan untuk hasil imbang mereka mendapat 900.000 euro.

Jumlah yang diterima klub Liga Champions per babak yang dicapai:

Penyisihan grup (biaya dasar) - 15,25 juta euro
16 terakhir - 9,5 juta euro
Perempat final - 10,5 juta euro
Semi-final - 12 juta euro
Final - 15 juta euro untuk runner-up, 19 juta euro untuk pemenang