BolaSkor.com - Langkah Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 terhenti di babak 16 besar. Kekalahan dari Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8), menjadi sebab.

Kekalahan didapat lewat babak tendangan penalti, dengan skor 4-3. Dalam laga hingga babak tambahan yang diwarnai kontroversi wasit Shaun Robert Evans, Indonesia bermain 2-2 dengan UEA.

Skuat Garuda harus tertinggal lebih dulu menyusul penalti yang diberikan wasit asal Australia Shaun Robert Evans kepada UEA. Bola berhasil dimasukkan Zayed Alameri dari titik putih pada menit ke-20.

Timnas Indonesia U-23 menyamakan kedudukan pada menit ke-52. Alberto Goncalves yang muncul di depan gawang menyambar bola hasil umpan silang Septian David Maulana.

Penalti yang diberikan Shaun Robert Evans kepada UEA membuat Indonesia kembali tertinggal. Mengingat Zayed Alameri berhasil memasukkan bola dari titik putih pada menit ke-65.

Timnas Indonesia U-23 berhasil menyamakan kedudukan di menit-menit krusial. Adalah Stefano Lilipaly yang menjebol gawang UEA pada menit ke-94 sekaligus membuat kedudukan menjadi 2-2 dan laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak penalti digulirkan lantaran kedudukan tak berubah. Indonesia kalah 3-4 di dalam babak ini sehingga gugur, adapun UEA melaju ke babak delapan besar.

Stefano Lilipaly mencoba berpikir positif menanggapi kekalahan. Menurutnya, kekalahan bisa menjadi pelajaran yang akan membuat Timnas Indonesia lebih baik. Karena itu, ia menyampaikan pesan ke rekan setim untuk terus berjuang.

"Teman-teman dan pelatih serta ofisial, terima kasih untuk semua waktu yang telah kita lewati bersama. Bagi saya sangat luar biasa melewati waktu bersama kalian. Kita bertarung dengan hati dan sudah melakukan apa yang bisa," tulis Stefano Lilipaly di akun Instagram-nya.

"Tapi ini hidup. Dalam sepak bola, tim terbaik tidak selalu menang. Kita menang bersama dan kalah bersama. Tegakkan kepada dan jangan pernah menyerah. Karena terkadang Anda belajar lebih banyak dari kekalahan daripada kemenangan. Kalian semua masih punya masa depan yang cerah di depan. Saya bangga dengan kalian semua dan saya doakan yang terbaik," sambung pemain naturalisasi itu.

Stefano Lilipaly juga menyampaikan terima kasih ke suporter Timnas. "Yang selalu percaya dan bersama tim. Terima kasih juga ofisial Timnas, tanpa kalian kami tidak akan bisa maksimal bermain di lapangan," tambah Stefano Lilipaly.