UEA sebagai Lawan Timnas Indonesia Harus Ganti Pelatih Lagi

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 30 November 2020
UEA sebagai Lawan Timnas Indonesia Harus Ganti Pelatih Lagi
Jorge Luis Pinto. (UAEFA)

BolaSkor.com - Salah satu lawan tersisa Timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, Uni Emirat Arab (UEA) harus mengganti pelatihnya lagi. Hasil tidak konsisten dalam agenda uji coba sebelumnya menjadi sebab.

Timnas UEA dua kali beruji coba pada November. Setelah menang 3-2 atas Tajikistan, UEA ditekuk Bahrain 1-3. UEA juga mengadakan uji coba pada Oktober, dengan hasil kekalahan melawan Uzbekistan 1-2.

Pelatih asal Kolombia, Jorge Luis Pinto yang didatangkan Juni 2020 pun belakangan dalam ketidakpastian karier bersama Timnas UEA. Terlebih ia punya hubungan kurang baik dengan pemain.

Beberapa pemain sempat mengeluhkan program latihan selama tiga jam. Program tersebut dianggap menjadi biang cedera sejumlah pemain mengingat sudah berhenti cukup lama karena pandemi virus corona.

Baca Juga:

Rencana Lanjutan Pelatih Thailand Sebelum Hadapi Timnas Indonesia

FAT Tanggapi Kabar Laga Thailand Kontra Timnas Indonesia di Tempat Netral

Jorge Luis Pinto dilaporkan bersikeras. Pinto menyebut bahwa dirinya berpacu dengan waktu mengantar pemain ke tingkat fisik lebih tinggi sebelum lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, yang belakangan dijadwalkan Maret dan Juni 2021.

Pada 23 November, ada laporan bahwa Jorge Luis Pinto selamat dari pemecatan. Sebelum dilaporkan menjalin kesepakatan untuk mengakhiri kontrak.

Dewan Federasi Sepak Bola UEA termasuk Komite Tim Nasional kabarnya menolak terus menjadikan Jorge Luis Pinto sebagai pelatih. Apalagi setelah banyaknya keluhan dari klub tentang pemain yang mengalami cedera.

"Negosiasi sudah dimulai antara Komite Tim Nasional dengan pelatih untuk mengakhiri kerja sama atas kesepakatan bersama," tulis Al Bayan.

Federasi Sepak Bola UEA (UAEFA) kabarnya membayar kompensasi tiga bulan gaji. Dua nama langsung muncul sebagai calon yakni Zoran Mamic dan Henk Ten Cate.

Zoran Mamic merupakan pelatih asal Kroasia yang menangani Dinamo Zagreb. Ia pernah memberi jasanya untuk klub UEA, Al Ain dengan pencapaian gelar juara UEA Pro League 2017-18, UEA President's Cup (2017-18), dan runner-up FIFA Club World Cup 2018.

Adapun Ten Cate pelatih asal Belanda. Eks asisten pelatih Barcelona dan Chelsea itu juga pernah berkarier di UEA dengan menjadi arsitek Al Ahli, Al Jazira, dan Al Wahda.

UEA pun akan dipimpin pelatih baru lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. UEA sebelumnya didampingi Bert van Marwijk sebelum mendatangkan Ivan Jovanovic yang kemudian digantikan Jorge Luis Pinto.

Timnas Indonesia UEA Uni emirat arab Kualifikasi Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan