UEFA Ancam Coret Wakil Belgia dari Kompetisi Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 03 April 2020
UEFA Ancam Coret Wakil Belgia dari Kompetisi Eropa
Trofi Liga Champions dan Liga Europa. (Twitter)

BolaSkor.com - Keputusan penghentian Liga Belgia atau biasa disebut Jupiler Pro League musim 2019-2020 berbuntut panjang. UEFA mengancam mencoret keikutsertaan klub-klub negara tersebut dari kompetisi Eropa.

Direksi Jupiler Pro League mengambil keputusan menghentikan kompetisi musim 2019-2020 meski masih menyisakan satu pertandingan dan babak play-off. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan pemain dan bentuk solidaritas kepada para korban virus corona.

Padahal sebelum keputusan itu diambil, UEFA telah meminta negara-negara anggotanya untuk menyelesaikan liga domestik sampai tuntas. Demi mewujudkannya, Konfederasi sepak bola Eropa itu bahkan rela mengorbankan Liga Champions, Liga Europa, dan turnamen-turnamen kelompok umur.

Hal inilah yang membuat UEFA marah. Mereka merasa otoritas Liga Belgia gegabah mengambil keputusan.

Baca Juga:

Liga Belgia Dihentikan, Club Brugge Jadi Juara

UEFA Targetkan Liga Champions 2019-20 Berakhir pada Agustus

Berubah Pikiran, UEFA Kini Ingin Selesaikan Kompetisi Musim 2019-2020

"Saya pikir itu bukan keputusan yang tepat. Anda tidak dapat meminta bantuan dan kemudian memutuskan sendiri yang paling cocok untuk Anda," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin kepada ZDF.

“Keputusan Liga Belgia dan federasinya itu telah membuat keikutsertaan mereka dalam kompetisi Eropa tahun depan terancam."

Pernyataan Ceferin tentu bisa menjadi terapi kejut bagi negara anggota lainnya. Kini mereka akan berpikir dua kali jika ingin menghentikan liga domestik.

Aleksander Ceferin


"Keinginan UEFA adalah untuk mengakhiri semua liga, bahkan jika ini berarti bisa berjalan sangat jauh dari jadwal semula atau menggelar pertandingan secara tertutup," tambahnya.

UEFA berharap liga-liga domestik akan kembali dilanjutkan selambat-lambatnya pada Juli atau Agustus. Jika pandemi virus corona amasih berlangsung hingga waktu tersebut, menghentikan kompetisi nampak akan menjadi keputusan terbaik.

Liga belgia Liga Champions Liga Europa UEFA Aleksander Ceferin
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan