BolaSkor.com - Bild mengabarkan pada Jumat (31/8), UEFA tengah menggodok rencana membuat kompetisi antarklub Eropa baru. Kompetisi tersebut diprediksi akan berlangsung mulai 2021.

Saat ini, UEFA memiliki dua kompetisi antarklub sepak bola, Liga Champions dan Liga Europa. Padahal, pada masa lalu terdapat cukup banyak kompetisi antarklub.

Sebagai contoh adalah Piala Winners yang mempertandingkan juara piala domestik. Selain itu, ada juga Piala Intertoto yang mempersilakan tim yang tidak berlaga di kompetisi Eropa lain ikut serta.

Hasilnya, Liga Europa diikuti terlalu banyak peserta. Saat ini, kompetisi antarklub nomor dua di Eropa itu menampung 48 kesebelasan.

Jumlah tersebut belum ditambah dengan delapan klub buangan dari Liga Champions. Seperti diketahui, peringkat ketiga fase grup akan terdemosi ke Liga Europa.

Menurut laporan Bild, nantinya Liga Europa hanya akan diikuti oleh 32 peserta layaknya Liga Champions. Sementara itu, 16 peserta lainnya akan dipindahkan ke kompetisi baru UEFA tersebut.

Kompetisi antarklub Eropa baru itu nantinya total akan diikuti oleh 32 peserta. Namun, hingga saat ini belum diketahui kriteria untuk tampil pada ajang tersebut.

UEFA sendiri sempat mengaku siap mengambil opsi membuat kompetisi antarklub Eropa baru. Namun, saat ini badan sepak bola tertinggi di Eropa itu tengah menggodok formulanya.

"UEFA mencari format untuk kompetisinya dan mencari berbagai opsi. UEFA tengah berdiskusi dengan Komite Kompetisi Antarklub sebelum memutuskan seusatu," tulis pernyataan resmi UEFA.