UEFA Dakwa Gianluigi Buffon Terkait Kritikannya kepada Michael Oliver di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 Mei 2018
UEFA Dakwa Gianluigi Buffon Terkait Kritikannya kepada Michael Oliver di Liga Champions
UEFA dakwa Gianluigi Buffon terkait protesnya kepada Michael Oliver (Getty Images)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepakbola Eropa tidak begitu saja melupakan momen yang terjadi di leg kedua perempat final Liga Champions, antara Real Madrid melawan Juventus di Santiago Bernabeu. Momen itu melibatkan kiper sekaligus kapten Bianconeri, Gianluigi Buffon, dengan wasit asal Inggris, Michael Oliver.

Semua terjadi di Bernabeu. Juve yang tertinggal agregat gol 0-3 dari leg pertama, dengan fantastis, menyamakannya menjadi 3-3 di markas Madrid melalui dua gol Mario Mandzukic dan Blaise Matuidi. Juve, yang memiliki momentum, hampir memaksakan laga berlanjut ke babak tambahan dan potensi drama adu penalti.

Namun di akhir laga, sebuah keputusan besar dibuat Oliver, saat melihat adanya pelanggaran yang dilakukan Medhi Benatia kepada Lucas Vazquez. Penalti diberikan. Hampir seluruh pemain Juventus mengepung Oliver. Tak terkecuali Buffon, yang langsung berlari ke arah Oliver dan melakukan protes keras, hingga Oliver mencabut kartu merah dan mengusirnya - ini kartu merah pertama dalam karier Buffon di Liga Champions.

Pasca laga, Buffon melanjutkan kritikannya kepada Oliver dan sama sekali tidak menyesalinya. Dampak dari kritikannya itu, Oliver dan istrinya, Lucy Oliver, sampai menerima ancaman dari oknum fans Juventus di Twitter.

"Saya yakin Oliver akan memiliki karier hebat di masa depan, tapi, dia terlalu muda untuk memimpin laga sepert ini. Seorang wasit dengan pengalaman lebih takkan meniup peluit dan memutuskan untuk tidak menjadi protagonis pertandingan," cetus Buffon kala itu.

"Saya tidak harus membenarkan apapun karena saya manusia biasa yang menempatkan passion, sentimen, dan kemarahan dengan hal yang saya lakukan. Anda menemukan cara untuk berbicara, benar atau salah, di kala itu bisa jadi berlebihan - tapi inilah saya, saya Gigi Buffon."

Akibat sikapnya itu, dilansir dari ESPN (12/5), UEFA mendakwa Buffon dengan pelanggaran perilaku bersikap benar di tempat umum. UEFA akan mengumumkan hasil dakwaan itu pada 31 Mei mendatang. Jika terbukti bersalah dan Juventus tidak melakukan banding, hukuman larangan bermain Buffon bisa bertambah di Liga Champions musim depan, apabila ia belum pensiun bermain.

Breaking News Juventus Real Madrid Liga Champions Gianluigi Buffon
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan