UEFA Melunak, Kontestan Liga Champions Musim Depan Bisa Dipilih Federasi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 24 April 2020
UEFA Melunak, Kontestan Liga Champions Musim Depan Bisa Dipilih Federasi
(AS.com)

BolaSkor.com - Rasa pesimisme nampak mulai ditunjukkan UEFA terkait peluang melanjutkan kompetisi musim 2019-2020. Konfederasi sepak bola Eropa itu kini menyiapkan berbagai opsi jika liga benar-benar tidak bisa bergulir kembali.

Yang menjadi perhatian UEFA adalah mengenai wakil tiap negara di kompetisi Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa musim depan. Hal ini bisa menimbulkan polemik jika tidak diperhitungkan secara matang.

Awalnya UEFA meminta seluruh asosiasi negara anggotanya untuk menyelesaikan kompetisi domestik musim 2019-2020 meski harus molor hingga musim panas. Hal itu agar para wakil yang akan berlaga di kompetisi Eropa ditentukan sesuai posisi di klasemen.

Badan yang dipimpin Aleksandar Ceferin itu bahkan sempat mengancam mencoret para wakil negara yang liga domestiknya dihentikan. Salah satu yang mendapat ancaman ini adalah Belgia.

Kini mereka mulai melunak. Federasi tiap negara akan dipersilahkan menunjuk wakilnya yang berlaga di kompetisi Eropa seandainya liga musim ini gagal dilanjutkan setelah Komite UEFA mengadakan rapat lewat telekonferensi, Kamis (23/4) waktu setempat.

Baca Juga:

Ditunda karena Virus Corona, Penamaan Piala Eropa Tidak Berubah

UEFA Ingin Gelar Final Liga Champions pada 29 Agustus

Rencana UEFA Lanjutkan Musim 2019-2020 Dianggap Tak Masuk Akal oleh WHO

Lewat situs resminya, UEFA memberikan kebebasan kepada federasi mengenai penunjukan tersebut. Namun, aspek prestasi klub tetap diutamakan federasi dalam mengambil keputusan.

Hal ini sudah dipikirkan oleh LaLiga. Operator kompetisi kasta tertinggi Spanyol itu berencana menentukan wakil di kompetisi Eropa lewat klasemen terakhir sebelum ditangguhkan.

Namun Klub pilihan federasi tak otomatis berlaga di kompetisi Eropa. UEFA punya hak menerima atau menolak klub yang diajukan federasi.

Liga Europa UEFA Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan