BolaSkor.com - UEFA siap membatalkan hasil semua kompetisi musim 2019-2020. Keputusan sulit ini akan diambil jika pandemi virus corona terus berlangsung di Eropa hingga akhir Juni.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengaku telah menyiapkan berbagai skenario agar liga-liga di Eropa bisa dilanjutkan sampai selesai. Namun hal ini juga sangat bergantung dengan perkembangan wabah virus corona.

UEFA setidaknya telah punya tiga opsi jadwal untuk melanjutkan kembali kompetisi. Mereka berencana menggelarnya pada pertengahan Mei, awal Juni, atau akhir Juni.

"Yang jadi masalah, tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Jika skenario kami gagal, berarti musim ini hilang," kata Ceferin kepada La Republica.

"Ada juga skenario mengakhiri musim ini di awal musim depan, tapi ini bakal mengganggu pola yang sudah ada."

Baca Juga:

Aksi 1000 Free Throw untuk Perangi Virus Corona

Pandemi Virus Corona, Piala Eropa Ditunda hingga 2021

Pencabutan Regulasi FFP dan Perubahan Besar Harga Pemain karena Virus Corona

Hal yang sama juga berlaku untuk Liga Champions dan Liga Europa. Seperti diketahui, kompetisi yang berada langsung di bawah naungan UEFA itu juga terpaksa ditunda meski sudah memasuki fase gugur.

Peluang untuk melanjutkan Liga Champions dan Lga Europa bahkan lebih tipis. UEFA akan lebih memprioritaskan liga-liga domestik.

Keputusan UEFA membuat Liverpool terancam batal meraih gelar Premier League musim ini.

"Sangat sulit membayangkan menggelar laga Liga Champions dan Liga Europa tanpa penonton. Tapi, sampai saat ini saja, kami tak tahu apakah dua kompetisi ini bakal tetap bergulir," tambah Ceferin.

"Jika tak ada pilihan lain, sebaiknya memang tak usah dipaksa. Bukannya saya tak memikirkan untuk menggelar final dari dua ajang paling prestisius di Eropa tanpa penonton. Tapi, di saat seperti ini, kesehatan harus jadi prioritas utama."

Keputusan ini juga menjadi sebuah tamparan keras bagi FIGC dan operator Serie A. Seperti diberitakan sebelumnya, mereka ngotot untuk melanjutkan kompetisi musim ini meski harus digelar setelah 30 Juni.