BolaSkor.com - Langkah Tottenham Hotspur di ajang Conference League 2021-2022 harus terhenti secara tragis. The Lilywhites gagal lolos ke fase gugur karena keputusan UEFA terkait nasib laga terakhir grup G.

Tottenham dijadwalkan menjamu Rennes pada 9 Desember silam. Tim asuhan Antonio Conte harus memenangi pertandingan untuk lolos dari fase grup.

Namun laga kedua tim batal digelar karena Tottenham dilanda badai COVID-19. Hasil tes menunjukkan Delapan pemain tim asal London Utara itu positif.

Tottenham kemudian meminta UEFA untuk menunda pertandingan tersebut. Sayangnya keinginan tersebut tidak disetujui Rennes.

Baca Juga:

Blak-blakan, Conte Akui Level Tottenham Masih Cetek

Informasi Seputar UEFA Conference League, Turnamen yang Juga Diikuti Jose Mourinho

Perkenalkan Kompetisi Terbaru UEFA, Conference League

Rennes vs Tottenham Hotspur

Pihak Rennes menilai permintaan Tottenham untuk menunda pertandingan tak sesuai dengan protokol COVID-19 yang telah ditetapkan UEFA. Setiap klub memang masih harus terus bermain selama masih memiliki 13 pemain yang satu di antaranya adalah kiper.

Rennes kemudian enggan menyepakati tanggal pengganti untuk laga tunda kontra Tottenham. Nasib pertandingan ini pun sempat menggantung hingga undian fase gugur sudah digelar.

UEFA kemudian menyerahkan masalah ini kepada Badan Kontrol, Etika, disiplin. Berdasarkan regulasi, keputusan terkait nasib pertandingan Tottenham kontra Rennes diputuskan oleh komisi banding.

"Keputusan pertandingan penyisihan grup Conference League 2021-2022 antara Tottenham Hotspur FC dan Stade Rennais FC, yang semula dijadwalkan dimainkan pada 9 Desember 2021 dan dibatalkan oleh Tottenham Hotspur FC. Oleh karena itu mereka dianggap kalah 0-3 sesuai dengan Lampiran J.3.1 Peraturan UEFA Conference League," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Keputusan tersebut membuat Tottenham tertahan di peringkat ketiga grup G dengan 7 poin. Harry Kane dan kawan-kawan tertinggal tiga poin dari Vitesse yang menempati posisi kedua.

Sementara keputusan ini memantapkan posisi Rennes di puncak klasemen. Mereka mengakhiri fase grup dengan raihan 14 poin.