BolaSkor.com - Juventus, Barcelona, dan Real Madrid untuk sementara bisa bernapas lega. UEFA memilih menunda menjatuhkan hukuman kepada ketiga pendiri Liga Super Eropa tersebut.

Liga Super Eropa merupakan kompetisi ilegal tandingan Liga Champions yang digagas oleh 12 klub besar. Manuver tersebut sempat menimbulkan gejolak.

Sembilan klub pendiri akhirnya mengundurkan diri dan kembali ke pangkuan Eropa. Itu setelah petinggi klub mendapat protes dari suporternya dan ancaman sanksi berat dari UEFA.

Baca Juga:

Sanksi UEFA buat Klub yang Masih di Liga Super Eropa

Tidak Takut, Presiden Barcelona Punya Siasat Antisipasi Hukuman UEFA

Jika Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Ditendang dari Liga Champions

Liga Super Eropa

Namun langkah tersebut enggan diikuti Madrid, Juventus, dan Barcelona. Ketiga klub tersebut masih ngotot untuk menyelenggarakan kompetisi ini di masa depan.

Sikap tersebut tentu membuat UEFA geram. Ancaman larangan tampil di semua kompetisi Eropa siap diberikan kepada ketiga klub tersebut.

Namun UEFA kini tampaknya lebih berhati-hati. Badan yang dipimpin Aleksander Ceferin tersebut tak mau gegabah yang nantinya bisa membuat ketiga klub tersebut melancarkan serangan balik.

"Menyusul pembukaan proses penegakan disiplin terhadap Barcelona, Juventus, dan Real Madrid untuk potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA sehubungan dengan apa yang disebut proyek 'Liga Super', Badan Banding UEFA memutuskan untuk menunda proses sampai pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Madrid, Juventus, dan Barcelona tampaknya sudah siap mengantisipasi langkah UEFA yang ingin menghukum mereka. Ketiga klub tersebut bukan tidak mungkin membawa kasus ini ke tingkat pengadilan yang lebih tinggi.

Andai hal itu terjadi, UEFA bisa dianggap memonopoli sepak bola. Kemungkinan inilah yang membuat keputusan terkait hukuman kepada ketiga klub tersebut ditunda.