BolaSkor.com - UEFA telah menetapkan jadwal penutupan bursa transfer musim panas 2020. Tanggal 5 Oktober akhirnya dipilih sebagai deadline kepada klub-klub anggotanya untuk melakukan transaksi jual beli pemain.

Normalnya, bursa transfer musim panas akan ditutup pada akhir Agustus. Namun pandemi virus corona membuat UEFA harus merevisi aturan tersebut.

Pandemi ini membuat pelaksanaan mayoritas kompetisi di Eropa molor dari jadwal semula. Hal tersebut otomatis berimbas dengan mundurnya jadwal musim depan.

Bukan tanpa alasan UEFA menentukan 5 Oktober sebagai jadwal penutupan bursa transfer. Hal itu karena sehari setelahnya atau 6 Oktober ditetapkan sebagai batas waktu seluruh klub yang berlaga di kompetisi Eropa mendaftarkan skuatnya.

Baca Juga:

Nasib Kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa: Digelar di Portugal dan Jerman

Laga Liga Europa Sevilla Vs Roma Digelar di Tempat Netral

UEFA Segera Sahkan Format dan Venue Turnamen Mini Liga Champions

"Batas waktu bagi pendaftaran pemain yang tampil dalam fase grup kompetisi antarklub UEFA 2020-2021 telah ditetapkan pada 6 Oktober 2020," tulis pernyataan resmi UEFA.

"Komite Eksekutif UEFA meminta kepada seluruh asosiasi anggota untuk menyesuaikan jadwal tersebut pada bursa transfer musim panas mendatang yang ditetapkan pada 5 Oktober 2020."

Meski begitu, UEFA tak menetapkan jadwal pembukaan bursa transfer musim panas. Pasalnya sesuai anjuran FIFA, hal ini merupakan wewenang dari tiap-tiap federasi negara anggotanya.

UEFA juga menerapkan beberapa aturan baru terkait regulasi Financial Fair Play (FFP). Mereka sadar pendapatan hampir seluruh klub terganggu karena kompetisi sempat tertunda dan penonton belum diizinkan datang ke stadion.

UEFA memberikan fleksibilitas yang memungkinkan klub memperhitungkan kekurangan pendapatan pada 2020 dan 2021. Tujuan utamanya memastikan klub membayar gaji atau transfer pemain tepat waktu.