BolaSkor.com - Kurang dari dua bulan sebelum Piala Eropa 2020 bergulir, UEFA mengubah regulasi yang cukup krusial. Konfederasi sepak bola benua biru tersebut menambah kuota pemain yang boleh didaftarkan setiap tim.

Piala Eropa 2020 yang telah tertunda selama satu tahun akan bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli mendatang. Sebelas kota dari berbagai negara peserta UEFA telah ditunjuk sebagai tuan rumah.

Normalnya dalam turnamen akbar antar negara, setiap tim hanya boleh mendaftarkan 23 pemain. Namun khusus untuk Piala Eropa 2020, UEFA mengubahnya regulasi itu menjadi 26 pemain.

Baca Juga:

Stephanie Frappart, Wasit Perempuan Pertama yang Tugas di Piala Eropa

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala di Little Paris

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Johan Cruijff ArenA dan Sebuah Penghormatan

Piala Eropa 2020

UEFA punya alasan khusus mengubah regulasi tersebut. Padatnya kompetisi sepanjang musim ini menjadi pertimbangan utamanya.

Selain itu, UEFA juga mempertimbangkan pandemi virus corona yang belum terkendali. Ada kemungkinan para pemain yang terlibat di ajang ini terinfeksi virus tersebut.

"Untuk mengurangi risiko tim menghadapi kekurangan pemain yang tersedia untuk pertandingan tertentu karena kemungkinan hasil tes Covid-19 positif dan tindakan karantina selanjutnya yang diperintahkan oleh otoritas yang kompeten, telah diputuskan untuk sangat meningkatkan daftar pemain untuk semua tim yang berpartisipasi menjadi 26 pemain," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Meski begitu, setiap tim peserta tetap hanya bisa mendaftarkan 23 nama dalam daftar line up saat pertandingan. Itu artinya jumlah pemain yang duduk di bangku cadangan tidak akan bertambah.

"23 pemain akan tetap menjadi jumlah maksimum yang diizinkan pada lembar pertandingan untuk setiap pertandingan (sesuai dengan Undang-Undang 3 dari Hukum IFAB dari Game yang mengizinkan maksimal 12 pemain pengganti untuk dinamai dalam pertandingan tim nasional A), termasuk tiga penjaga gawang," sambung pernyataan tersebut.

Untungkan Tim Besar

Penambahan kuota pemain ini tentu menguntungkan tim besar. Negara seperti Prancis, Portugal, dan lainnya bisa memiliki lebih banyak opsi untuk dipilih.

Keuntungan ini akan sangat terasa ketika memasuki fase-fase akhir. Para pelatih tidak akan terlalu dipusingkan saat banyak pemain harus absen karena menjalani sanksi akumulasi kartu.

Selain itu, UEFA juga mengizinkan setiap tim melakukan perubahan daftar pemain sebelum memainkan pertandingan pertamanya. Meskipun penutupan pendaftaran pemain dilakukan pada 1 Juni 2021.

Namun pergantian hanya boleh dilakukan jika ada pemain yang cedera serius. Calon penggantinya juga harus memiliki sertifikat medis resmi.