BolaSkor.com - Timnas Spanyol jadi tim pertama yang menodai Italia arahan Roberto Mancini dengan kekalahan. Pada semifinal UEFA Nations League yang dihelat di San Siro, Kamis (07/10) dini hari WIB, Italia kalah 1-2.

Dua gol Spanyol dicetak oleh Ferran Torres (17' 45+2') yang dibalas oleh Lorenzo Pellegrini (83'). Italia juga bermain dengan 10 pemain pasca Leonardo Bonucci menerima kartu merah di menit 42.

Italia tak berkutik dengan 25 persen penguasaan bola, delapan tendangan dan lima tepat sasaran. Sorotan lain dari serunya pertandingan antara Italia kontra Spanyol itu adalah pemain muda Spanyol yang disertakan Luis Enrique.

Dia adalah produk La Masia Barcelona, Gavi. Pemain berusia 17 tahun turun sebagai starter di laga debutnya dan menjadikannya pemain termuda sepanjang masa Spanyol yang memainkan debut. Usianya 17 tahun 62 hari.

Baca Juga:

Terungkap, Kecilnya Uang Belanja Barcelona untuk Bursa Transfer Musim Dingin

Debut di Timnas Spanyol, Gavi Pecahkan Rekor

Italia 1-2 Spanyol: La Furia Roja Balaskan Dendam dan Melangkah ke Final

Aksi Gavi melawan timnas Italia

Seperti halnya Pedri, Gavi juga punya kontrol bola bagus, kemampuan berlari dengan bola, penempatan posisi bagus, serta kelebihan membaca permainan dan menemukan ruang. Dengan alasan itulah Enrique menyertakannya ke skuad Spanyol.

"Kita sedang membicarakan kasus yang jarang terjadi mengenai Gavi. Dia bermain di lapangan seolah-olah itu adalah halaman belakang rumahnya. Dia adalah masa kini dan masa depan tim nasional," ucap Enrique soal Gavi dikutip dari BBC Sport.

“Dia pemain yang bisa bermain di antara garis pertahanan lawan, tidak kehilangan bola, memiliki teknik yang bagus, dan fisik."

"Kami tahu apa yang akan dia bawa; kepribadian, kemauan untuk bermain, keberanian. Tidak ada yang terlalu berlebihan untuknya. Dia adalah pemain yang sangat lengkap," terang Enrique.

Sekilas Profil Gavi

Lahir di Los Palacios y Villafranca, 5 Agustus 2004, Barcelona membawanya ke La Masia dari akademi Real Betis pada usia 11 tahun di tahun 2015. Selama enam tahun perkembangannya impresif dan cepat.

Perkembangan pesatnya itu membawanya dari tim U-17 hingga ke tim U-19 dengan cepat. Krisis finansial Barcelona musim ini menjadi berkah bagi Gavi karena Ronald Koeman membawanya ke tim utama dan memainkannya.

Gavi, bersama dengan Pedri, Ronald Araujo, Oscar Mingueza, dan Ansu Fati memiliki masa depan cerah untuk menjadi tulang punggung Barcelona kelak.