Ulah Suporter saat Hadapi PSS Sleman, Persib Didenda Rp50 Juta

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 09 Februari 2023
Ulah Suporter saat Hadapi PSS Sleman, Persib Didenda Rp50 Juta
Persib Bandung di GBLA. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Persib Bandung lagi-lagi harus didenda. Kali ini, tim berjulukan Maung Bandung ini dijatuhi hukuman untuk membayar sebesar Rp50 juta.

Hukuman tersebut dijatuhkan oleh Komite Disiplin PSSI dalam sidangnya yang digelar pada hari Selasa (7/2) lalu. Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komdis PSSI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing.

Dalam salinan keputusan Komite Disiplin PSSI bernomor 099/L1/SK/KD-PSSI/II/2023 itu disebutkan bahwa telah terjadinya aksi pelemparan botol air mineral yang dilakukan oleh oknum suporter Persib ke arah suporter PSS Sleman saat kedua tim bertemu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Minggu (5/2).

Pelemparan yang dilakukan oknum suporter Persib yang biasa disebut Bobotoh di area tribun selatan itu diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kode disiplin.

Baca Juga:

Persebaya Benahi Fisik Jelang Jamu PSS Sleman

Puji David da Silva, Sergio van Dijk Sebut Persib Punya Modal Juara Liga 1


"Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, Klub Persib dikenakan sanksi denda sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)," demikian petikan salinan keputusan Komdis PSSI tersebut.

"Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," lanjut petikan tersebut.

Head of Communications Persib, Adhi Pratama mengatakan hukuman berupa denda akibat tingkah laku buruk oknum Bobotoh ini bukan kali pertama dialami Persib. Sebelumnya, tim asuhan Luis Milla ini juga harus mempertanggung jawabkan aksi negatif tersebut, mulai dari pelemparan ke lapangan hingga penyalaan flare.

Oknum Bobotoh tersebut melakukan pelemparan ke arah suporter PSS Sleman. Bahkan tidak hanya di dalam Stadion, namun juga berlanjut di area parkir setelah laga berakhir.

Akibat aksi provokasi tersebut, 11 orang oknum suporter ditangkap petugas kepolisian. Setelah melalui tahapan pemeriksaan, aparat kepolisian memastikan mereka yang diamankan positif mengonsumsi narkoba.

"Seperti terhadap oknum suporter yang kedapatan menyalakan flare di dalam stadion, kami juga memberikan sanksi tidak bisa membeli tiket pertandingan Persib," tegas Adhi Pratama. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1 Bobotoh
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan