BolaSkor.com - Persib Bandung menjadi satu di antara tim peserta Liga 1 2020 yang berhasil mempertahankan skuatnya secara utuh. Padahal kompetisi tertinggi tanah air itu mengalami penundaan panjang.

Sebut saja Persita Tangerang, Madura United, Arema FC, TIRA-Persikabo, PSM Makassar hingga Persik Kediri sudah kehilangan beberapa pemainnya. Alasannya karena tidak ada pertandingan yang dihadapi.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengaku sebenarnya tidak memiliki banyak cara untuk bisa mempertahankan para pemainnya. Pria yang akrab disapa Pak Haji ini hanya mengandalkan kedekatan.

Baca Juga:

PT LIB Berharap Klub dan Pemain Tetap Serius Jalani Kompetisi

Cerita Jacob Pepper: Belajar Bahasa Indonesia hingga Bisnis Kafe Sehat di Surabaya

"Bagaimana kitanya sendiri. Seperti saya yang menganggap pemain itu teman, anggap saudara sehingga semua terjalin dengan baik," ujar Umuh di kediamannya Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Selain itu, Umuh juga tidak pernah membeda-bedakan para pemainnya. Baik itu yang berasal dari Bandung, luar Bandung atau luar negeri alias pemain asing.

"Saya ke pemain tidak hanya menjaga pemainnya, tapi sama keluarganya juga. Kita harus bisa merangkul itu semua. Jadi mereka akan ingat bukan sebagai manajer, tapi sebagai orang tua," bebernya.

Hasilnya, lanjut Umuh Muchtar, tidak ada satu pun pemain yang hengkang dari Persib meski Liga 1 2020 ditunda cukup panjang. Rencananya baru akan digulirkan awal Februari 2021 mendatang.

"Jadi pemain akan tenang dan main akan bagus, tidak terganggu urusan lain. Jadi bukan soal uang, bukan itu saja. Kita harus bisa merangkul semua," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)