BolaSkor.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar memberikan apresiasi kepada PSSI. Pasalnya, kompetisi musim 2021 tetap menerapkan promosi degradasi.

Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam emergency meeting bersama seluruh Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (25/5) lalu.

Bahkan, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu langsung memerintahkan jajarannya untuk membalas surat-surat permohonan dari klub-klub Liga 1 dan 2 yang berisi permohonan kompetisi tanpa degradasi. Isinya berupa penjelasan bahwa promosi degradasi diterapkan di kompetisi musim 2021.

Menurut Umuh Muchtar, itu merupakan keputusan tepat. Sebab, sistem promosi degradasi harus tetap diberlakukan sekalipun pandemi COVID-19 di Indonesia masih masif.

"Saya dari awal paling teriak keras. Saya panggil semua, saya wawancara, di situ saya sampaikan, pribadi dari saya dan juga Persib. Saya yakin tidak setuju kalau tidak ada degradasi," ungkap Umuh Muchtar usai menghadiri Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Baca Juga:

Pelatih Persib Beberkan Tiga Formasi Dipersiapkan untuk Liga 1

Jelang Liga 1, Tiga Pemain Persib Bandung Cedera

Pria berkumis tebal ini menilai apabila sistem promosi degradasi tidak diberlakukan, kemungkinan besar akan terjadi match fixing. Kondisi ini yang menjadi kekhawatirannya selama ini.

"Itu sama aja memberikan peluang bagi para penjudi-penjudi, karena mereka akan main di situ, ada kesempatan. Kalau ada degradasi semua pasti berpikir kan? semua klub juga mau bertahan, mau jadi juara, takut juga kena degradasi," tegasnya.

"Kalau tidak ada degradasi, bagaimana mengembangkan Liga 2 dan Liga 3, apa apaan? sama dengan mematikan dan menghancurkan persepak bolaan nasional," tambahnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)