Unai Emery dan Klub Spanyol, Kombinasi Sempurna untuk Juara Liga Europa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 27 Mei 2021
Unai Emery dan Klub Spanyol, Kombinasi Sempurna untuk Juara Liga Europa
Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Sevilla kerap dijuluki sebagai raja Liga Europa. Status tersebut kini terancam direbut oleh Unai Emery.

Emery baru saja mempersembahkan trofi Liga Europa 2020-2021 untuk Villarreal. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Miejski, Kamis (27/5) dini hari WIB,The Yellow Submarine menaklukkan Manchester United dengan skor 11-10 (1-1) lewat drama adu penalti.

Itu merupakan gelar pertama Villarreal di kompetisi Eropa sepanjang sejarah klub. Namun bagi Emery, kesuksesan ini merupakan yang keempat di ajang Liga Europa.

Baca Juga:

Final Liga Europa 2020-2021: Lewat Adu Penalti, Villarreal Taklukkan Man United

8 Fakta Menarik dari Kesuksesan Villarreal Juara Liga Europa 2020-2021

Ambisi Solskjaer Dihadang Raja Liga Europa, Unai Emery

Perayaan gelar juara Liga Europa Villarreal.

Emery menyambut kesuksesan ini dengan bahagia. Ini menjadi pembuktian kualitasnya usai dipecat Arsenal pada November 2019.

"Para pemain ini telah bekerja sangat keras sepanjang musim, untuk presiden, pemilik, dan ketua. Kami sangat bangga dengan Villarreal dan saya pikir kami pantas menang," kata Emery usai pertandingan di situs resmi UEFA.

"Lawannya memang Manchester United tetapi kami bermain sangat kompetitif dalam pertandingan tadi."

Raja Liga Europa

Sejak menggantikan Piala UEFA pada musim 2009-2010, wakil Spanyol memang tampil superior di Liga Europa. Delapan trofi dari 12 kesempatan mampu dibawa pulang tim-tim asal Negeri Matador.

Sevilla menjadi klub Spanyol dengan kolektor trofi Liga Europa terbanyak. Los Nervionenses mengumpulkan empat trofi atau enam gelar termasuk dua Piala UEFA.

Sevilla bahkan pernah tiga kali secara beruntun menjuarai Liga Europa pada periode 2014 hingga 2017. Tim asal Andalusia itu juga tak terkalahkan saat berlaga di partai final.

Rekor inilah yang membuat Sevilla mendapat gelar sebagai raja Liga Europa. Namun Emery ikut andil di balik kesuksesan tersebut.

Tiga dari empat trofi Sevilla diraih saat ditangani Emery. Maka wajar jika Emery juga layak menyandang gelar raja Liga Europa.

Emery bahkan bisa saja melampaui koleksi gelar Liga Europa milik Sevilla. Sayang ia gagal membawa Arsenal menang di partai final edisi 2019 silam.

Kesuksesan Villarreal menjadi bukti bahwa Emery dan klub Spanyol adalah kombinasi sempurna untuk menjuarai kompetisi kasta kedua antarklub elite Eropa. Pria yang pernah menangani Paris Saint-Germain itu kini juga menjadi pelatih dengan trofi Liga Europa terbanyak.

Emery menikmati rekor positifnya di Liga Europa. Namun ia ingin berbicara banyak di Liga Champions musim depan bersama Villarreal.

"Klub ini mendapat kesempatan tampil di Liga Champions dan kami akan menikmati kompetisi tersebut. Saya ingin memenangkan Liga Europa tetapi saya juga ingin bermain di Liga Champions," pungkasnya.

Villarreal Unai Emery Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan