BolaSkor.com - Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, terlihat bahagia, tetapi juga terluka amat dalam. Dia berhasil mengantongi dua medali emas SEA Games 2019, saat harus kehilangan sang ayah yang baru meninggal dunia.

Edgar meraih medali emas dari cabang olahraga wushu nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu di SEA Games 2019. Atlet wushu asal DKI Jakarta itu berhasil mengumpulkan poin 9,68.

Melalui akun instagram miliknya, Edgar mempersembahkan dua medali emas untuk mendiang ayah yang meninggal beberapa jam sebelum laga final. Ayah Edgar, Lo Tjhiang Meng, meninggal sekitar pukul 01:00 WIB dini hari tadi.

"Dua medali emas, untuk ayah," tulis Edgar lewat Instagram.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Ayah Meninggal Dunia Tak Pengaruhi Edgar untuk Raih Dua Emas Wushu

SEA Games 2019: Nilai Dipotong, Alasan Juara Dunia Wushu Indonesia Ini Gagal Dapat Medali

Edgar juga mengaku sempat berjanji kepada sang ayah untuk meraih medali emas di SEA Games 2019. Janji itu diungkapkannya sebelum sang ayah meninggal.

"Sebelum alat bantu dicopot, saya ada ngomong juga sama mama papa, kalau saya janji akan melakukan ini untuk papa." ujar Edgar.

Edgar sendiri sudah berencana langsung kembali ke Tanah Air selepas bertanding. Tetapi badai angin topan Kammuri yang melanda, membuat keadaan memaksanya untuk bertahan. Seluruh bandara tidak beroperasi sampai keadaan kembali aman.

"Tadi saya juga sudah telepon mama, kabarin semua, saya belum bisa pulang ke Indonesia karena ada musibah badai di Filipina, mungkin baru besok pagi pulang,"

Sementara itu Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Ngatino, memberi apresiasi kepada Edgar yang tetap tampil di final. Pengorbanan Edgar membuat PB WI memenuhi target dua medali emas.

Penulis: Alexander Matthew