BolaSkor.com - Sbelas edisi Piala AFF selalu ada pemain berdarah Papua yang menyemarakkan turnamen dwi tahunan ini. Tapi pada edisi tahun ini, Timnas Indonesia nihil bakat dari Papua.

Di edisi perdana Piala AFF pada 1996 silam, Aples Tecuari mewakili darah Papua di Timnas Indonesia. Talenta Papua di tim berjuluk Skuat Garuda ini terus berlanjut hingga edisi 2016 lalu.

Boaz Solossa dan Yanto Basna memikul semangat masyarakat Papua demi membawa harum nama Indonesia di level Asia Tenggara. Namun Piala AFF tahun ini, aroma bakat Papua tidak tercium.

Tidak ada nama Boaz atau Basna, bahkan Osvaldo Haay atau Nelson Alom yang mulai akrab dengan seragam Timnas Indonesia, pun juga tidak dilirik. Dari 24 nama yang dipanggil, talenta Papua absen membela Skuat Garuda.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman meminta persoalan ini tidak perlu dibesar-besarkan. Apalagi pada Asian Games 2018 lalu pun, nihil pula pemain berdarah Papua.

"Asian Games 2018 kemarin kan juga tidak ada juga ya. Kenapa sekarang baru dipermasalahkan," ujar Bima.

"Saya pikir sekarang yang penting kita lihat kita sama fokus, yang ada ya kita maksimalkan, bukan berarti saya antipati dengan pemain Papua, tidak," kata Bima menambahkan.

Selain Aples, talenta-talenta berbakat Papua yang pernah singgah di Timnas Indonesia untuk Piala AFF ialah Eduard Ivakdalam, Alexandre Pulalo, Elie Aiboy, Ian Louis Kabes hingga Imanuel Wanggai.