BolaSkor.com - PSSI telah memantapkan langkah untuk melakukan naturalisasi pemain keturunan. Sebuah tim dibentuk yang dipimpin anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani.

Ada empat pemain yang akan dinaturalisasi, juga sesuai dengan permintaan pelatih Timnas Shin Tae-yong, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Kevin Diks, dan Mees Hilgers.

Langkah awal ditempuh, yakni dengan memastikan kebenaran keturunan keempat pemain itu. PSSI tidak ingin seperti Marc Klok.

Seperti diketahui, Marc Klok tidak bisa membuktikan memiliki darah Indonesia setelah menjadi Warga Negara Indonesia.

Baca Juga:

PSSI Pastikan Timnas Indonesia Berkekuatan 30 Pemain di Piala AFF

Baru Mees Hilgers dan Sandy Walsh Setuju untuk Bela Timnas Indonesia

Marc Klok pun tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia, karena belum memenuhi persyaratan dari FIFA. Ia baru bisa membela Garuda ketika sudah genap lima tahun berkarier di Indonesia, yang menjadi syarat lain dari FIFA.

"Sekarang tim sedang bekerja di bawah pak Hasani Abdulgani. Tim bagi-bagi tugas. Nanti saya minta segera meng-update. Sehingga nanti kalau memang ada, saya minta percepat proses tersebut. Semua di-support pemerintah. Kalau garis keturunannya ada, kita akan percepat. Jangan sampai seperti Marc Klok," kata Mochamad Iriawan kepada awak media.

"Kami sudah komunikasi, tetapi dengan agennya. adi agennya nanti ke pemainnya. Biasanya begitu. Tentu nanti agen akan bicara. Kita minta pak Hasani untuk terus menginfokan perkembangan terakhir. Sekarang sedang bekerja. Terakhir dia berangkat ke luar negeri untuk menindaklanjuti ini. Doakan saja. Selama diminta pelatih, kita akan akomodasi itu, karena mungkin pelatih betul-betul tahu pemain itu bagus untuk memperkuat timnas."

Sementara itu, Hasani sebelumnya menjelaskan bahwa dua nama Mees Hilgers dan Sandy Walsh sudah bersedia membela Timnas Indonesia.