Uruguay 2-1 Portugal: Cavani Bawa La Celeste Tantang Les Bleus, Ronaldo Angkat Koper Susul Messi

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 01 Juli 2018
Uruguay 2-1 Portugal: Cavani Bawa La Celeste Tantang Les Bleus, Ronaldo Angkat Koper Susul Messi
Timnas Uruguay menang 2-1 atas Portugal (Foto: @Uruguay)

BolaSkor.com - Perjalanan juara Euro 2016, timnas Portugal, terhenti di 16 besar Piala Dunia 2018. Uruguay menghentikan langkah mereka melalui kemenangan 2-1 dan akan menantang Prancis, yang menang 4-3 atas Argentina sebelumnya, di perempat final.

Baik Portugal dan Uruguay sama-sama mengusung taktik 4-4-2 di pertandingan ini. Uruguay asuhan El Maestro, Oscar Tabarez, mengandalkan duet Luis Suarez dan Edinson Cavani di lini depan. Sedangkan Portugal arahan Fernando Santos memainkan Cristiano Ronaldo dan Goncalo Guedes sebagai ujung tombak.

Kendati memainkan taktik yang sama, penerapan gaya bermain kedua tim sangat berbeda. Uruguay lebih banyak mengandalkan serangan balik dan memainkan high pressing kala Portugal menguasai bola. Portugal pun dibuat kesulitan menembus solidnya pertahanan Uruguay yang dikomandoi Diego Godin.

Rencana bermain Uruguay berjalan sempurna, khususnya ketika mereka sudah mencuri keunggulan saat laga belum genap 10 menit. Adalah Cavani yang mencetak gol kala menanduk bola umpan silang Suarez di menit ketujuh.

Datang dari lini kedua, Cavani berada pada titik buta (blind side) di pertahanan Portugal dan menanduk bola tanpa mampu diantisipasi Rui Patricio. 1-0 Uruguay unggul.

Portugal semakin terjebak perangkap permainan Uruguay. Mau tak mau mereka harus keluar untuk mencetak gol. Namun, di satu sisi pertahanan Uruguay sangat solid. Sebelum menghadapi langsung pertahanan Uruguay, para pemain ofensif Portugal sudah dihadang lini kedua Uruguay.

Portugal frustrasi. Uruguay pun untuk sementara unggul 1-0 di paruh pertama yang telah berakhir dengan tambahan waktu dua menit. Sekedar informasi tambahan, Ronaldo sama sekali tidak diberi ruang berkreasi, Tabarez menempatkan satu-tiga pemain untuk menjaganya.

Harapan Portugal untuk terus bertahan di Piala Dunia 2018 hadir di babak kedua. Pepe mencetak gol penyama kedudukan di menit 55 kala menanduk umpan silang Raphael Guerreiro dari situasi sepak pojok. Kedudukan kini sama kuat 1-1.

Sayang bagi Portugal, mereka kembali tertinggal tujuh menit berselang. Lagi, Cavani memperlihatkan kelasnya sebagai striker top dunia dengan mengonversi peluang dari Rodrigo Bentancur menjadi gol. Caranya mencetak gol sangat berkelas.

Cavani melakukan sepakan first time dengan menempatkan bola ke pojok kiri gawang Portugal. Rui Patricio tidak dapat mencegahnya. 2-1 Uruguay kembali unggul.

Kedudukan belum berubah sampai laga memasuki 15 menit terakhir. Kedua pelatih telah melakukan tiga pergantian pemain. Santos memainkan Ricardo Quaresma, Andre Silva, dan Manuel Fernandes untuk menggantikan Adrien Silva, Guedes, dan Joao Mario.

Sementara Tabarez memainkan Cristian Rodriguez, Cristhian Stuani, dan Carlos Sanchez, menggantikan Bentancur, Nahitan Nandez, dan pencetak dua gol Uruguay, Cavani, karena cedera - kabar ini jelas menjadi kabar buruk untuk Uruguay.

Empat menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan. Portugal telah mengerahkan segalanya, Rui Patricio sampai maju ke depan untuk membantu serangan. Namun pada akhirnya, Uruguay mampu mempertahankan keunggulan 2-1 atas Portugal hingga laga berakhir. Uruguay akan melawan Prancis di perempat final Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Diego Laxalt, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Martin Caceres; Matias Vecino, Lucas Torreira, Nahitan Nandez (Carlos Sanchez 81'), Rodrigo Bentancur (Cristian Rodriguez 63'); Luis Suarez, Edinson Cavani (Cristhian Stuani 73')

Pelatih: Oscar Tabarez

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Pepe, Ricardo Pereira; Joao Mario (Manuel Fernandes 84'), Adrien Silva (Ricardo Quaresma 64'), William Carvalho, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Andre Silva 73')

Pelatih: Fernando Santos

Breaking News Timnas Portugal Timnas Uruguay Cristiano Ronaldo Edinson Cavani Pepe Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan