Usaha Terakhir Joan Laporta untuk Selamatkan Barcelona dari Kebangkrutan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 16 Juni 2022
Usaha Terakhir Joan Laporta untuk Selamatkan Barcelona dari Kebangkrutan
Presiden Barcelona, Joan Laporta (Twitter)

BolaSkor.com - Masalah keuangan yang dialami Barcelona tampaknya sudah sangat kronis. Sang presiden klub, Joan Laporta bahkan hanya punya upaya terakhir untuk menyelamatkan Blaugrana dari ancaman kebangkrutan.

Barcelona kini menjadi klub dengan utang tertinggi di Eropa. Angkanya menyentuh 1,45 miliar euro.

Sejak mengambil alih kursi presiden klub pada Maret 2021, Laporta sudah melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini. Memangkas gaji para bintang, melepas Lionel Messi, hingga menggaet Spotify sebagai sponsor utama menjadi beberapa di antaranya.

Baca Juga:

Keseriusan Frenkie de Jong Gabung Manchester United Diragukan

Kedatangan Darwin Nunez Menutup Jalan Ousmane Dembele ke Liverpool

Barcelona Tantang Chelsea dalam Perburuan Jules Kounde

Sayangnya, upaya tersebut tak berefek besar. Neraca keuangan Barcelona tak kunjung stabil karena terlalu besarnya jumlah utang yang harus dibayar.

Kini Laporta telah menyiapkan cara terakhir untuk menyelamatkan Barcelona. Program ini diberi nama 'Tuas Ekonomi Barcelona'.

Menurut laporan TV3, program ini akan membuat Barcelona menjual 10 persen hak audiovisual klub kepada pihak luar dengan kontrak berdurasi 25 tahun. Kesepakatan ini diharapkan membuat klub mendapat pendapatan bersih senilai 270 juta euro.

Skema ini sebenarnya sudah ditawarkan LaLiga pada musim panas tahun lalu. Ketika itu, perusahaan investasi internasional bernama CVC bersedia menggelontorkan dana serupa dengan kontrak berdurasi 50 tahun.

Bukan tidak mungkin Barcelona kembali akan menjalin kerja sama dengan CVC. Namun durasi kontraknya kini berkurang menjadi 25 tahun saja.

Namun program ini tidak bisa dijalankan Laporta tanpa izin pemilik suara. Keputusan akhir akan diambil lewat voting pada Kamis (16/6) waktu setempat.

Jika pemilik suara menyetujui rencana ini, kondisi keuangan Barcelona bisa terselamatkan. Mendatangkan Robert Lewandowski bahkan bukan lagi menjadi hal yang mustahil.

Barcelona Joan laporta Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan