BolaSkor.com- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah menyiapkan rencana setelah pertandingan semifinal Piala AFC antara Persija Jakarta kontra Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (15/5). INASGOC bakal langsung menggulung rumput GBK untuk acara pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus.

Kondisi ini membuat Stadion GBK tidak akan bisa dipakai untuk acara apapun sampai 18 Agustus 2018. Pemidahan rumput dilakukan agar tidak ada bagian yang rusak selama proses pembangunan panggung.

Rumput Stadion GBK nantinya akan dipindahkan ke lapangan panahan. Sebagai pengganti rumout, INASGOC sudah menyiapkan alas lain yakni armour block agar tidak merusak tanah Stadion GBK.

"Untuk pembukaan, di lapangan tengah nanti akan diambil rumputnya. Tempat pemindahannya ada di area panahan, di sana nanti rumput akan dipelihara selama lebih dari tiga bulan," ujar sekertaris jendral INASGOC, Eris Herryanto, sat dijumpai di kawasan Senayan, Selasa (15/5).

Rumput Stadion GBK memakai jenis Zoysia matrella. Tumbuhan tersebut dijadikan FIFA sebagai standardisasi rumput stadion sepak bola bertaraf internasional.

Selama masa pemindahan, INASGOC harus ekstra keras menjaga Zoysia Matrella agar tidak mati. Rumput tersebut termasuk dalam kategori tumbuhan rentan karena harus disiram sekali setiap hari plus diberi pupuk.