BolaSkor.com - Pandemi virus Covid-19 ternyata tidak mampu menahan antusiasme publik untuk datang menonton Olimpiade Tokyo 2020. Terbukti usai selebrasi pembukaan, terdapat beberapa pengunjung asing tetap bersikukuh untuk menikmatinya.

Padahal Jepang saat ini tercatat sedang mengalami lonjakan tinggi kasus Covid-19 sejak Januari 2021. Hal ini tentunya patut diwaspadai agar Covid-19 tidak semakin melebar.

Memang sebelumnya sempat diimplementasikan kebijakan 15 menit. Dalam peraturan ini setiap orang hanya diberikan 15 menit untuk ke toko atau market untuk menyetok bahan makanan. Namun, kebijakan ini dinilai tidak terlalu efektif. Masih banyak orang yang justru memanfaatkan celah dengan berpergian jauh.

Hal ini dibuktikan dengan ramainya tempat-tempat minum dan restoran. Bahkan beberapa anggota offisial sempat kedapatan berkumpul di tempat-tempat ini.

Baca Juga:

Timnas eSport Indonesia Tuntaskan Laga Uji coba

Olimpiade 2020 Digelar di Tengah Pandemi Tanpa Penonton, Tokyo Rugi Rp12 Triliun

Perwakilan dari Tokyo 2020, Masa Takaya mengatakan bahwa kebijakan 15 menit akan dihilangkan. Tetapi Takaya tetap mengingatkan agar para pengunjung, media, maupun offisial mencari makan di tempat terdekat.

“Tidak akan ada peraturan 15 menit tetapi kita ingin memastikan bahwa pencegahan sudah dilakukan di beberapa tempat. Jika kamu ingin keluar, bahkan dalam satu menit saja untuk mendapatkan makanan, kamu bisa memberitahu pihak keamanan di pintu masuk (penginapan) dan sebutkan nama serta nomor kamar mu ,” jelas Takaya dikutip dari insidethegames.biz

“Meskipun kamu pergi ke restoran untuk waktu sebentar, kamu harus berada di dalam pengawasan keamanan. Namun, bukan berarti pihak keamanan akan mengikuti mu terus-menerus. Bukan seperti itu, tetapi kita harus tetap mengatakan kepada masyarakat di tempat-tempat lokal bahwa wilayahnya berada dalam kawasan karantina 14 hari,” sambungnya.

Penulis: Bintang Rahmat