BolaSkor.com - Lifter kebanggaan Indonesia, Windy Cantika, meraih hasil manis usai menjadi yang terbaik pada cabang olahraga angkat besi SEA Games 2019 yang berlangsung di RSMC Ninoy Aquino Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/12). Lifter 17 tahun tersebut mempersembahkan kemenangan untuk sang ayah yang sedang dioperasi.

Windy Cantika meraih emas usai mencatatkan total angkatan tertinggi 190kg. Dengan begitu, ia memecahkan rekor dunia junior clean and jerk.

Sementara itu, medali perak menjadi milik lifter Myanmar, Phyo Pyae Pyae, dengan total angkatan 180kg. Lifter Vietnam, Ngo Thi Quyen, menyusul pada tempat ketiga dengan total angkatan seberat 172kg.

Windy Cantika mempersembahkan kemenangan ini untuk sang ayah yang sedang menjalani operasi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah memberikan dukungan.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Jauhari Johan Raih Medali Emas Cabang Duathlon

Tekad Tim Esports Indonesia Kuras Medali di SEA Games 2019

Angkat Besi SEA Games 2019: Tak Hanya Sabet Emas, Windy Aisah Juga Pecahkan Rekor Dunia Junior

"Alhamdulillah raihan ini semua berkat rahmat Allah SWT, dan raihan ini saya persembahkan untuk bapak saya yang sedang operasi serta untuk semua yang mendukung yakni rakyat Indonesia," tutur Windy.

Tidak mudah bagi Windy meraih medali emas. Meski masih sejalan dengan target, namun pada angkatan 100kg dia mengalami masalah karena sikunya tidak lurus.

Karier Windy memang terus menanjak dalam satu tahun terakhir, sebelumnya, ia memecahkan rekor dunia remaja pada keas 49 kilogram sebanyak tiga kali pada 2019.

Pertama, Windy mencatatkan rekor dunia remaja di Kejuaraan Asia, di China, pada April 2019, dengan angkatan snatch 80 kilogram, clean and jerk 97 kilogram dan total angkatan 177 kilogram.

Berikutnya, Windy memperbaiki torehannya di Kejuaraan Dunia Remaja 2019 di Fiji, Juni 2019, dengan snatch 81 kilogram, 91 kilogram clean and jerk dan total angkatan 179 kilogram.

Selanjutnya, Windy kembali unjuk gigi dengan memenangi Kejuaraan Dunia Junior dan Remaja 2019 di Korea Utara, Oktober 2019, Windy menyempurnakan rekor dunianya dengan angkatan snatch 84 kilogram, clean and jerk 102 kilogram, dan total angkatan 186 kilogram.

Laporan Langsung BolaSkor.com/Andhika Putra dari Filipina.