Usia 35 Tahun, Lionel Messi Pindah ke MLS dan Cristiano Ronaldo Masih Berkarier di Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Juni 2023
Usia 35 Tahun, Lionel Messi Pindah ke MLS dan Cristiano Ronaldo Masih Berkarier di Eropa
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, memutuskan untuk meninggalkan Eropa dan melanjutkan karier di Negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. Ya, La Pulga - julukan Messi - akan bermain di Major League Soccer (MLS) dengan Inter Miami.

Belum ada detail resmi soal kontrak peraih tujuh Ballon d'Or tersebut, namun klub milik David Beckham itu sudah mengumumkan kedatangan Messi dan sang pemain telah mengonfirmasinya. Itu juga sekaligus menepis rumor comeback Messi ke Barcelona atau ke Arab Saudi.

"Ya, meninggalkan Eropa. Sebenarnya saya mendapat tawaran dari tim Eropa lain, tetapi saya bahkan tidak mengevaluasinya karena di Eropa ide saya hanya pergi ke Barcelona," ujar Messi seperti dinukil dari Sport-English.

"Setelah memenangkan Piala Dunia dan tidak bisa pergi ke Barca, tibalah waktunya untuk pergi ke Liga Amerika untuk merasakan sepak bola dengan cara yang berbeda dan menikmati hari demi hari."

Baca Juga:

Gabung Inter Miami, Lionel Messi Tuturkan Alasan Tinggalkan Sepak Bola di Eropa

Kejutan, Lionel Messi Pilih Gabung Inter Miami

Kronologi Kegagalan Comeback Lionel Messi ke Barcelona

"Tentunya dengan tanggung jawab yang sama dan keinginan yang sama untuk ingin menang dan selalu melakukan sesuatu dengan baik. Tetapi dengan lebih banyak ketenangan pikiran."

Messi pergi setelah kontraknya habis di akhir Juni ini bersama Paris Saint-Germain (PSG) yang sudah dibelanya sejak 2021. Messi pun mengikuti jejak kebanyakan pemain top Eropa lainnya, di masa lalu, yang berkarier di MLS pada penghujung kariernya.

Perbandingan dengan Cristiano Ronaldo

Berbicara soal Lionel Messi tidak akan lepas dari perbandingan dengan megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi rival selama lebih dari sedekade terakhir. Khususnya kala mereka berdua bersaing di LaLiga.

Menilik fakta Messi pergi dari Eropa pada usia 35 tahun, menarik untuk dilihat di mana Ronaldo bermain pada usia tersebut. Saat ini Ronaldo berusia 38 tahun dan berkarier di Arab Saudi bersama Al Nassr sejak Januari 2023.

Tiga tahun silam, kala masih berumur 35 tahun, Ronaldo masih bermain di level tinggi di Eropa bersama Juventus. Usai memberikan dua Scudetto untuk Juventus dan jadi top skorer, Ronaldo menutup kariernya di sana pada musim 2020-2021 dengan raihan Coppa Italia.

Bahkan sampai penghujung 2022 Ronaldo masih bermain di Eropa setelah memutuskan kembali ke Manchester United. Kendati tidak lagi secepat dulu, Ronaldo masih 'mematikan' di depan gawang lawan

Terbukti, pada musim 2021-2022 Ronaldo menorehkan 24 gol di seluruh kompetisi dan 18 gol itu tercipta di Premier League. Ia jadi topskorer ketiga Premier League, meski pada akhirnya Man United tak memenangi trofi dan Ronaldo nirgelar untuk kali pertama sejak 2010.

Ronaldo pada akhirnya pergi ke Al Nassr setelah kontraknya diputus Man United pada akhir tahun 2022, menyusul wawancaranya yang membuat heboh dengan Piers Morgan.

Bukan hanya perbandingan Messi dengan Ronaldo pada usia 35 tahun, faktanya di umur tersebut ketika Ronaldo masih berkarier di Eropa, yang dinilai punya persaingan di level tinggi, banyak nama-nama legendaris yang sudah bermain di luar Eropa pada usia tersebut.

Mereka seperti Kaka, Zinedine Zidane, Ronaldo Nazario yang sudah pensiun, Ronaldinho tak memiliki tim, Xavi Hernandez bermain di Al Sadd, dan Andres Iniesta membela Vissel Kobe. Legenda Brasil, Pele, yang tidak pernah bermain di Eropa juga berkarier di NY Cosmos kala itu.

Lionel Messi Cristiano Ronaldo Inter Miami Juventus Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan