Usulan Kelonggaran Karantina Juga Berlaku untuk MotoGP Mandalika

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 21 Januari 2022
Usulan Kelonggaran Karantina Juga Berlaku untuk MotoGP Mandalika
Rapat Kerja Komite Olimpiade Indonesia (KOI). (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa usulan diskresi atau kelonggaran karantina untuk pelaku olahraga dari luar negeri tidak hanya berlaku untuk multievent yang akan digelar tahun ini, tetapi juga MotoGP di Mandalika pada Maret mendatang.

Diskresi tersebut berupa kewenangan menjalani karantina dengan kebijakan yang berbeda, seperti karantina dengan menerapkan sistem gelembung yang biasa digunakan dalam kejuaraan olahraga internasional.

Karantina sistem seperti itu sudah diterapkan dalam rangkaian Indonesia Badminton Festival di Bali pada November-Desember 2021.

Baca Juga:

Beribu Terima Kasih Aprilia untuk Andrea Dovizioso

MotoGP Belanda 2019, Momen Horor yang Tak Bisa Dilupakan Lorenzo

Okto, sapaan akrab Raja Sapta, menilai kebijakan diskresi ini penting untuk atlet agar mereka bisa tetap latihan selama karantina.

Tak hanya itu, kebijakan masa karantina juga dinilai menyulitkan perwakilan organisasi olahraga internasional yang berencana ke Indonesia dalam rangka meninjau kesiapan tuan rumah dalam menggelar kejuaraan.

“Selain itu juga agar event-event yang rencananya digelar di Indonesia bisa tetap digelar di sini sehingga mereka bisa meninjau lokasi dan kesiapan-kesiapan,” kata Okto di sela Rapat Kerja KOI di Jakarta.

“Di bulan Maret bukan hanya MotoGP, tetapi juga Piala Davis. Nanti ada juga Piala Dunia Panjat Tebing dan esports. Kebijakan itu bisa dipakai rata karena sistem gelembung ini yang paling ideal, karena sudah ada referensinya,” tambah dia.

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti mengatakan pihaknya saat ini hanya bisa menampung usulan tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan segera membahas usulan tersebut dalam rapat terbatas bersama lintas kementerian dan Presiden Joko Widodo.

“Dalam paparan KOI sudah sangat jelas, bagaimana kebijakan pemerintah terkait karantina ini tetap kita patuhi, tapi kita juga tetap bisa melaksanakan event-event di Indonesia. Ini yang sedang dilakukan permohonan usulan kepada presiden,” ucap Chandra.

“Kita tidak bicara karantina masalah satu cabang olahraga, tetapi keseluruhan cabang yang ikut event di luar maupun saat kita jadi tuan rumah. Kami akan cari solusinya. Kita harus memberi pelayanan yang baik kepada kontingen di luar,” tutup dia.

Motogp Mandalika Koi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.970

Bagikan