BolaSkor.com - Kabar yang menyebutkan pemain klub Liga Norwegia, Viking FK, Shayne Pattynama, membatalkan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) terbantahkan.

Sebelumnya, beredar rumor pemain keturunan Belanda tersebut membatalkan proses naturalisasinya karena dinilai terlalu lama.

Namun, rumor tersebut langsung disanggah oleh utusan PSSI yang mengurus proses naturalisasi para pemain keturunan, yaitu Hamdan Hamedan.

"Ada puluhan inbox yang masuk ke saya bertanya tentang Shayne meng-cancel Indonesia. Ini adalah berita bohong," kata Hamdan dikutip dari akun Instagram pribadinya, @hamdan.hamedan.

"Shayne justru sudah tidak sabar untuk membela Timnas Indonesia," tambahnya.

Baca Juga:

Piala AFF U-16 2022: Sikat Vietnam 1-0, Timnas Indonesia U-16 Juara

Tampil di Final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 Diguyur Rp150 Juta

Piala AFF U-16 2022: Hajar Myanmar, Thailand Peringkat Ketiga

Hamdan mengaku heran dengan munculnya rumor atau pemberitaan terkait hal tersebut. Bahkan, kata Hamdan, Shayne Pattynama merasa semakin yakin untuk memperkuat negara asal nenek moyangnya itu.

"Sekadar sharing, di hari terakhir Shayne di Indonesia beberapa bulan lalu, Shayne curhat ke saya bahwa dia kini paham mengapa ayahnya meminta dia main untuk (Timnas) Indonesia."

"Dia merasa sangat Indonesia dan sangat mengapresiasi keramahan orang Indonesia. Dia merasa seperti di rumah sendiri," tutur Hamdan.

Shayne Pattynama terakhir mengunjungi Indonesia pada akhir bulan Juni lalu. Kedatangannya kala itu untuk mengikuti prosedur naturalisasi, seperti tes medis dan narkoba serta wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

Adapun berkas naturalisasi Shayne Pattynama saat ini masih berada di Kementerian Sekretariat Negara atau Kemensetneg. Nantinya setelah melalui pemeriksaan dokumen di Kemensetneg, proses naturalisasi akan dilanjutkan di DPR-RI.