BolaSkor.com - Valencia memberi kekalahan pertama Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Bermain di Mestalla, Valencia membekuk Barcelona 2-0, Sabtu (25/1) malam WIB. Dua gol Valencia lahir dari bunuh diri Jordi Alba pada menit ke-48 dan Maxi Gomez (77).

Pelatih Barcelona Quique Setien memainkan tujuh pemain yang berbeda ketika melawan Ibiza di ajang Copa del Rey. Pada laga ini Setien kembali memainkan pemain reguler Barca, termasuk Lionel Messi Marc-Andre Ter Stegen. Sedangkan di kubu tuan rumah, hanya empat pemain dari laga melawan Logrones tengah pekan kemarin yang kembali menjadi starter,

Baca Juga:

Barcelona Semringah, Quique Setien Penuhi Janji

Bukti Quique Setien Kembalikan Cita Rasa Pep Guardiola di Barcelona

6 Calon Striker Ideal Pengganti Luis Suarez di Barcelona

Barcelona langsung mencoba mengambil kendali permainan dengan mengalirkan bola dari kaki ke kaki. Barcelona juga mencoba menekan pertahanan Valencia dengan beberapa kali lakukan tusukan.

Meski demikian tuan rumah justru yang mendapatkan peluang lebih dulu pada menit ke-10 kala wasit menunjuk titik putih. Wasit memberikan penalti kepada Valencia setelah Gerard Pique menjatuhkan Jose Gaya.

Namun Valencia membuang peluang emas yang didapat. Bola sepakan penalti Maxi Gomez terbaca dan diblok dengan baik oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Selang sembilan menit kemudian, Valencia kembali gagal memanfaatkan kesempatan. Lagi-lagi Ter Stegen yang menjadi penyelamat setelah menghalau bola yang memantul dari kaki Pique.

Memasuki pertengahan babak pertama, Barcelona kesulitan menjaga ritme permainan. Taktik pressure ketat Valencia cukup sukses mengganggu aliran bola Barca.

Pada menit 30, Ter Stegen kembali beraksi. Kiper asal Jerman ini secara gemilang melakukan penyelamatan ganda dengan mengagalkan peluang Gomez dan Kevin Gameiro.

Gagal menembus area pertahanan Valencia, Barcelona hanya bisa mencoba menguasai bola. Hingga akhir babak pertama, Barcelona tercatat hanya bisa dua kali melepaskan tembakan, satu menemui sasaran, meski mengusai bola hingga 73 persen.

Di babak kedua Barcelona langsung menggebrak dengan serangan cepat. Sayang peluang yang didapat Ansu Fati gagal berbuah gol. Bola sepakan Fati yang menerima umpan Lionel Messi masih tipis melenceng.

Pada menit ke-48, Stadion Mestala bergemuruh saat bola sepakan Maxi Gomez yang membentur Jordi Alba menggetarkan gawang Barcelona. Tuan rumah unggul 1-0.

Tempo permainan makin meningkat usai gol Valencia. Barcelona mencoba memburu gol penyama secepat mungkin. Namun tuan rumah sesekali membuat pertahanan Barca kesulitan lewat serangan balik.

Memasuki menit 60, Barcelona mendapatkan dua peluang beruntun lewat Lionel Messi. Namun sang bintang gagal mengkonversi peluang menjadi gol.

Barcelona mulai menemukan ritme permainan mereka. Pada menit 70, Messi kembali membuang kesempatan yang didapatnya. Kali ini bola sundulan Messi usai menerima umpan Antoine Griezmann masih melebar.

Empat menit berselang, kesempatan Messi mencetak gol kembali gagal. Saat ini peluang Messi lewat sepakan bebas masih bisa dipatahkan kiper Valencia Jaume Domenech.

Ditekan Barcelona, Valencia justru mampu menambah keunggulan pada menit 77. Berawal dari serangan yang dibangun di sisi kanan, Ferran Torres melepaskan umpan ke Maxi Gomez yang berdiri bebas di depan gawang Barca. Dengan sedikit kontrol, Maxi Gomez melepaskan tembakan terarah ke pojok kanan gawang. Valencia unggul 2-0.

Menit 82, Valencia menjebol gawang Barcelona. Namun lewat VAR, wasit tidak mengesahkan gol karena terlebih dulu terjadi pelanggaran. Hingga laga usai, Valencia mampu mempertahankan keunggulan 2-0.

Dengan hasil ini Valencia sementara naik ke posisi kelima klasemen LaLiga dengan raihan 34 poin. Sementara Barcelona meski masih berada di puncak dengan 43 poin, terancam turun ke posisi kedua jika Real Madrid bisa memetik poin saat tandang ke markas Valladolid, Senin (27/1) dini hari WIB.

Susunan Pemain

VALENCIA (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Ferran Torres, Francis Coquelin, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler (Sobrino 90); Kevin Gameiro (Rodrigo 59), Maxi Gomez.

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergio Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arthur (Vidal 56), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Rakitic 85); Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ansu Fati (Alex Collado 85).