BolaSkor.com - Arsenal menang 4-2 atas Valencia dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Europa 2018-2019, di Stadion Mestalla, Kamis (9/5) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB. The Gunners melaju ke final dengan menang agregat 7-3.

Tertinggal 3-1 pada leg pertama, Valencia langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Valencia mengandalkan peran Rodrigo Moreno dan Kevin Gameiro untuk membobol gawang Arsenal.

Hasilnya, Valencia membuka keran gol pada menit ke-11. Berawal dari pergerakan Rodrigo Moreno, Kevin Gameiro membawa tuan rumah unggul 1-0.

Namun, keunggulan Valencia hanya berlangsung enam menit. Arsenal menyamakan kedudukan melalui aksi Pierre-Emerick Aubameyang. Sentuhan pertama Aubameyang memanfaatkan umpan Alexandre Lacazette meluncur mulus ke dalam gawang Neto.

Setelah gol tersebut, kedua tim saling jual beli serangan. Valencia terlihat lebih ngotot kembali mencetak gol karena tertinggal agregat 4-2 dari The Gunners.

Publik tuan rumah nyaris kembali bersorak pada menit ke-35. Sayangnya, tendangan Daniel Parejo masih menyamping di sisi kanan gawang Petr Cech.

Arsenal mendapatkan peluang emas untuk unggul 2-1 pada menit ke-40. Aubameyang mampu melewati Gabriel dan melepaskan umpan pada Lacazette. Namun, upaya sang pemain masih belum tepat sasaran. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Baca juga:

Hasil Semifinal Liga Europa: Satu Kaki Arsenal di Final, Chelsea Punya Modal Bagus

Janji Setia Mesut Ozil di Arsenal

Lima menit setelah kembali memasuki lapangan, Arsenal unggul menjadi 2-1. Menerima umpan Lucas Torreira, Lacazette melepaskan tendangan yang bersarang di pojok kanan bawah gawang Valencia. Keadaan kian sulit untuk Los Che.

Valencia menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-53. Gameiro kembali mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan bola hasil tendangan Daniel Wass.

Arsenal kembali berbalik unggul pada menit ke-69. Ainsley Maitland-Niles memberikan umpan silang pada Aubameyang yang berdisi di depan tiang depan Valencia. Sontekan sang pemain mengoyak jala gawang El Che.

Arsenal mempertegas keunggulan menjadi 4-2 ketika pertandingan tersisa dua menit. Kerja sama Matteo Guendouzi dan Henrikh Mkhitaryan diselesaikan Aubameyang untuk menciptakan hattrick pada laga itu. Skor 4-2 bertahan hingga akhir.

Dengan hasil tersebut, Arsenal berhak melaju ke final. Rencananya, pertandingan puncak akan dilaksanakan di Baku Olympic Stadium, 29 Mei 2019. The Gunners bisa melaju ke Liga Champions musim depan dengan tidak melihat klasemen akhir Premier League asalkan bisa menjadi pemenang pada duel tersebut.

Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Neto; Cristiano Piccini (Carlos Soler 56'), Gabriel, Ezequiel Garay, Jose Gaya; Daniel Wass, Daniel Parejo, Francis Coquelin, Goncalo Guedes (Ferran Torres 71'); Rodrigo Moreno (Santi Mina 71'), Kevin Gameiro

Pelatih: Marcelino

Arsenal (3-4-1-2): Petr Cech; Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Ainsley Maitland-Niles, Granit Xhaka, Lucas Torreira (Matteo Guendouzi 80'), Sead Kolasinac (Shkodran Mustafi 71'); Mesut Ozil (Henrikh Mkhitaryan 62'); Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette

Pelatih: Unai Emery

Wasit: Danny Makkelie