BolaSkor.com - Duet tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi merasakan hasil berbeda pada hari pertama tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, Rabu (28/11).

Melibas 58 lap, Vinales bisa menempati posisi 4 lewat catatan waktu 1 menit 38,376 detik. Namun Rossi, melahap 50 lap dengan lap terbaik hanya 1 menit 39,564 detik. Rossi pun terpuruk di urutan 17.

Ada kabar baik dan buruk dari Yamaha usai hari pertama tes Jerez. Kabar baiknya, Rossi dan Vinales satu pendapat soal spesifikasi mesin baru untuk motor Yamaha YZR-M1 di MotoGP 2019. Keduanya satu mesin yang sama dari total dua mesin yang diberikan tim pabrikan asal Jepang ini.

Kabar buruknya, keduanya berbeda pendapat ketika ditanya apakah problem utama motor Yamaha yang begitu agresif terhadap ban sudah menemukan solusi.

Rossi menjawab dengan gamblang, performa motor masih menurun setelah melibas beberapa lap. "Problemnya buat saya, dengan ban baru, motor sangat baik. Tapi jika Anda menganalisa lebih dalam, setelah 4-5 lap, karena sesuatu alasan, kami kesulitan," kata Rossi.

Menariknya Vinales mengklaim dirinya merasakan hal berbeda dengan Rossi. Eks pembalap Suzuki tersebut mengaku dapat menunjukkan kecepatan konsisten ketika motor melibas banyak lap.

"Kami menjaga performa ban sampai mendekati 30 lap. Sebuah perasaan yang baik karena saya masih bisa membuat catatan waktu positif sampai ban habis," Vinales mengungkapkan.

Tentunya perbedaan pendapat ini berpotensi mengacaukan arah pengembangan motor Yamaha untuk MotoGP 2019. Karena walau bagaimanapun, persamaan ide dan perasaan terhadap motor dari dua pembalap, lebih disukai tim.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com