BolaSkor.com – MotoGP terus berkembang setiap musimnya. Terbaru, berkat sistem elektronik dan perhatian tim-tim mengenai aspek aerodinamika, tugas pembalap semakin sulit.

Valentino Rossi pun mengakui MotoGP era sekarang menuntut pembalap untuk lebih bekerja keras. Dia mendeskripsikan, dua tahun lalu, ajang ini masih ‘romantis’ untuk pembalap.

Baca Juga:

Menuju Lomba di Mugello, Direktur Yamaha Sebut Valentino Rossi Sangat Termotivasi

Di MotoGP Italia, Valentino Rossi Percaya Diri Bisa 'Sembunyikan' Kelemahan Motor Yamaha

“Dahulu, hari Kamis, kami masih bisa bermain sepak bola di paddock. Sekarang hari Kamis (latihan bebas pertama baru dimulai hari Jumat), kami sudah mulai bekerja,” kata Rossi.

"Level persaingan terus meningkat. Musim ini lebih sulit lagi. Karena begitu banyak pembalap bisa tampil kompetitif,” lanjutnya.

Rossi sendiri mengakui dirinya sebagai sosok pembalap yang ingin mengetahui segalanya. Utamanya aspek elektronik, yang begitu krusial pada MotoGP era sekarang.

"Saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca data dan membandingkannya dengan sensasi saya ketika ada di atas motor,” pembalap Monster Yamaha MotoGP itu melanjutkan.

Oleh karena itulah, kini, Rossi sampai harus memperkerjakan pelatih pribadi. Mulai musim ini, ia mempunyai pelatih baru di dalam diri Gavira.

"Dia melihat saya dari luar trek dan juga menganalisa semua lawan. Kemudian kami berbicara dan berkomunikasi dengan teknisi dan memahami apa yang harus dilakukan,” Rossi melanjutkan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com