BolaSkor.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, tetap teguh dengan pendapatnya mengenai setelan motor. Rider asal Italia itu akan menekan Yamaha demi merebut podium kembali pada MotoGP Republik Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8).

The Doctor sempat berselisih pendapat dengan mekanik Yamaha mengenai setelah motor. Situasi itu sempat membuat Rossi kecewa dan memertimbangkan mundur pada seri kedua MotoGP 2020.

Namun, keteguhan Rossi memegang pendapat berbuah hasil. Setelah berdebat selama empat hari, Yamaha mengizinkan The Doctor menggunakan setelan yang dimau dan berbuah podium ketiga MotoGP Andalusia.

“Ketika Anda mengendarai motor yang sama dengan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales dan mereka bisa begitu cepat, begitu kuat, Yamaha berpikir bahwa saya harus mengendarai seperti mereka," kata Rossi dikutip dari Crash.

Baca Juga:

Marc Marquez Dipastikan Absen pada MotoGP Republik Ceska

Sempat Tergoda ke F1, Yamaha Sudah Cari Pengganti Valentino Rossi Sejak 2005

"Namun, Yamaha perlu mendukung saya karena saya di sini di tim pabrikan dan tahun depan saya akan membalap dengan Petronas. Jadi, mereka harus percaya pada saya karena mungkin saya tidak lebih cepat di lintasan, tetapi saya bisa membuat kinerja yang baik saat balapan,” imbuh juara dunia sembilan kali tersebut.

Secara lengkap, Rossi membeberkan masalah motor Yamaha ada pada keseimbangan. Degradasi ban belakang yang berlebihan membuat Rossi kesulitan di lintasan.

“Kondisi itu sangat bagus untuk Maverick dan Fabio. Bagi saya, itu bagus pada awalnya karena saya meraih dua podium di Argentina dan Austin 2019. Tetapi, saya tidak memperbaiki masalah dengan ban dan juga saya tidak bisa mengendarai motor seperti yang saya inginkan,” ujar Valentino Rossi.