BolaSkor.com - Bagi fans AS Roma dan pecinta sepak bola netral Eropa, malam Liga Champions di Stadio Olimpico takkan terlupakan. Bagaimana tidak, Roma menang 3-0 atas Barcelona melalui gol yang diciptakan Edin Dzeko, penalti Daniele De Rossi, dan Kostas Manolas. Kemenangan itu membawa Roma ke semifinal dengan keunggulan agresivitas gol tandang 4-4 atas Barcelona.

Namun bagi fans Barcelona, malam itu sangat pedih. Bukan hanya mereka tersingkir dari Liga Champions, mereka tampak sulit menerima fakta, bahwa Roma lebih baik dari Barcelona, yang sebelumnya belum pernah kalah di La Liga. Bahkan, megabintang mereka, Lionel Messi, tak mampu berbuat banyak menyelamatkan Barcelona.

Kekalahan itu akan terus dikenang dalam sejarah sepak bola Eropa, begitu juga di benak pikiran pemain Barca, akan sulit bagi mereka melupakannya. Kendati demikian, Ernesto Valverde, pelatih Barca, tak ingin anak asuhnya terlalu berlebihan menanggapi kekalahan tersebut. Valverde ingin Barca kembali fokus bermain di La Liga, menjelang laga berikutnya melawan Valencia pada Sabtu, 14 April 2018 pukul 21.15 WIB.

"Kami kehilangan kemungkinan bertahan di kompetisi yang mana kami sangat antusias berada di dalamnya (Liga Champions) - ini kekecewaan besar. Bukan cuma kami, tapi juga fans. Kami merasa bertanggung jawab mengecewakan mereka. Apa yang benar-benar Anda inginkan adalah kembali bermain, melupakannya. Kami masih memiliki dua trofi yang bisa dimenangi musim ini," tegas Valverde, disadur dari Goal, Jumat (13/4).

"Tidak peduli berapa banyak Anda melihat kembali laga tersebut, kekalahan tetaplah kekalahan. Kami tak bisa terus melihat laga-laga di masa lalu. Kami tak bisa terlalu meratapinya. Kami kalah. Kami harus kembali menghibur fans dan melalui tantangan di depan. Penting untuk tetap fokus," tuturnya.

Paling tidak, Barca berpeluang menutup musim dengan status double winners. Di La Liga, mereka belum kalah dan terpaut 11 poin dengan urutan dua klasemen, Atletico Madrid. Sementara di Copa del Rey, Barca akan menghadapi Sevilla di laga final.