Vamos Indonesia Turut Sambut Ambisi Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 02 Agustus 2019
Vamos Indonesia Turut Sambut Ambisi Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026
Pembekalan Vamos Indonesia oleh Agum Gumelar. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Ambisi Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya Vamos Indonesia, sebuah proyek pencarian bakat.

Sebanyak 19 pemain U-19 akan diberangkatkan ke Spanyol untuk menimba ilmu dan pengalaman. Seleksi lebih dulu diselenggarakan untuk menjaring pemain terbaik.

"Tiga minggu lalu kami mengadakan seleksi. Terima kasih kepada sponsor atas kepercayaan pada program ini. Ada 17 pemain disiapkan, dua lagi akan menyusul," kata Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan.

Para pemain terpilih akan berangkat ke Spanyol pada pertengahan Agustus. Mereka nantinya akan dibagi di Spanyol. Diantaranya masuk tim Grup 5 Division De Honor atau kompetisi usia muda, Alcorcon. Adapun lainnya masuk Palencia dan Palamos.

"Mereka dipisah-pisah dan harus survive. Mereka akan ikut liga pemuda. Jadi mereka dititipkan untuk ikut kompetisi U-19. Kompetisi semusim itu selama 10 bulan. Jadi mereka baru pulang pada tahun depan," sambungnya.

Jelang keberangkatan, para pemain dipupuk untuk memudahkan adaptasi selama di Spanyol. "Selama satu bulan, mereka di Belezza (hotel) dan setiap hari belajar bahasa Spanyol, kemudian ditingkatkan fisiknya. Nutrisi juga kami perhatikan. Ini kami siapkan karena sudah belajar, mengingat ini program tahun ketiga," kata Fanny Riawan.

Pemain Vamos Indonesia bersama Agum Gumelar. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

Pembekalan juga dilakukan Pembina Agum Gumelar. Ada tiga hal yang ditekankan oleh Agum agar pemain bisa berhasil dan kelak menjadi pilar Timnas Indonesia, termasuk di Piala Dunia 2026.

"2026 itu tinggal tujuh tahun lagi. Pesan saya ketika memiliki visi dan tugas, lakukan dengan penuh pengertian, mengapa disiapkan ke Spanyol? Yakni untuk bisa membawa nama Indonesia."

"Setelah mengerti, lakukan dengan penuh kesungguhan. Ketika di Spanyol harus ikuti arahan pelatih, disiplin, artinya sungguh-sungguh. Ketiga, bergembiralah, jangan homesick atau bagaimana. Jadi, berangkatlah timba ilmu dengan kesungguhan dan kegembiraan, Insya Allah jadi pemain andal untuk tanah air," kata Agum Gumelar.

"Tapi ingat, ketika dipanggil Indonesia, harus datang. Dahulukan kepentingan nasional dan negara di atas segala-galanya," sambung pesan Agum Gumelar.

Program Vamos Indonesia sudah cukup berhasil. Dua pemain yakni Helmy Putra Damanik dan Reza Kusuma gabung tim kasta keempat Atletico Cristo, setelah tampil di Division De Honor. Helmy misalnya, menjadi top skorer dengan 10 gol.

"Rencana kami, maksimal 20 tahun sudah masuk Divisi Empat, usia 21-22 masuk klub Segunda B, 22-23 tahun Segunda A. Semoga 6-7 tahun ranking Indonesia sudah di atas. Takefusa Kubo bisa, kenapa kita tidak?" tambah Fanny Riawan.

Piala Dunia 2026 Vamos Indonesia Sepak bola indonesia Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan