Van Dijk dan 4 Pemain Termahal Asal Belanda Lainnya

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 02 Januari 2018
Van Dijk dan 4 Pemain Termahal Asal Belanda Lainnya
Jurgen Klopp bersama bek anyar Liverpool Virgil van Dijk. (LFC)

BolaSkor - Belanda memang dikenal sebagai pabrik penghasil pemain berkelas dunia. Banyak pemain asal Belanda yang mencuat menjadi bintang. Sebut saja Ruud Gullit, Marco van Basten, hingga Robin van Persie.

Dari sekian banyak nama, Virgil van Dijk belakangan melejit setelah kepindahannya ke Liverpool membuatnya sebagai bek termahal dunia. Terkait dengan predikat termahal, berikut lima pemain termahal dunia asal Belanda seperti dilansir situs FTB90.


1. Virgil van Dijk: Southampton-Liverpool (78,8 juta euro)

Setelah gagal bergabung di awal musim, Van Dijk akhirnya mendarat di Liverpool. Southampton pun memanfaatkan keinginan besar Liverpool dengan membaderol mahal bek Belanda ini. Alhasil Liverpool dikabarkan bersedia membayar 78,8 juta euro.

Transfer ini membuat Van Dijk menjadi pemain Belanda termahal. Tak hanya itu Van Dijk juga akan menjadi bek paling mahal sepanjang masa, memecahkan rekor Kyle Walker yang didatangkan Manchester City.

2. Marc Overmars: Arsenal-Barcelona (40 juta euro)

Sebelum Van Dijk, label pemain Belanda termahal ada di tangan Marc Overmars selama kurang lebih 17 tahun. Pemain yang beroperasi di sayap ini membuat Barcelona terrpincut setelah sukses bersama Arsenal.

Alhasil Blaugrana mengeluarkan 40 juta euro pada 2000. Overmars hengkang ke Barca bersama rekannya di Arsenal Emmanuel Petit. Di Barca Overmars berkumpul dengan pelatih asal Belanda Louis van Gaal.

3. Arjen Robben: Chelsea-Real Madrid (36 juta euro)

Pada 2007 Real Madrid membutuhkan sosok pemain yang mumpuni di sektor sayap. Pilihan pun jatuh kepada Arjen Robben yang tampil brilian bersama Chelsea. Bersama Madrid Robben berandil memenangkan satu gelar La Liga selama dua musim di Bernabeu.

Robben meninggalkan Madrid pada 2009 untuk bergabung dengan Bayern Munchen di Bundesliga.

4. Ruud van Nistelrooy; PSV-MU (30,5 juta euro)

Ruud van Nistelrooy direkrut MU setelah membayarkan 30,5 juta euro kepada PSV pada 2001. Setahun Sir Alex Ferguson menunggu kedatangan Van Nistelrooy. Bersama MU Van Nistelrooy menjelma menjadi striker terbaik dunia.


5. Robin van Persie: Arsenal-MU (30,5 juta euro)

Hingga kini fans Arsenal masih kesal dengan keputusan klub melepas Robin van Persie ke rival mereka pada 2012. Sejatinya publik Arsenal sudah terbiasa dengan kebiasaan Wenger menjual pemain yang dinilai akan menambah neraca keuangan klub. Namun, melepas pemain bintang kepada rival, lain lagi ceritanya.

Lepas dari Arsenal, Van Persie pun merasakan bagaimana menjadi kampiun Premier League. Sementara publik Arsenal hanya bisa mengutuk keputusan klub.

Virgil van Dijk Liverpool
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan