Ventforet Kofu Mendekati, Tatsuma Yoshida Mundur dari Timnas Singapura Usai Dihentikan Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 28 Desember 2021
Ventforet Kofu Mendekati, Tatsuma Yoshida Mundur dari Timnas Singapura Usai Dihentikan Indonesia
Tatsuma Yoshida. (AFF Suzuki Cup)

BolaSkor.com - Tatsuma Yoshida memilih mengundurkan diri dari kursi pelatih Timnas Singapura. Padahal ia masih memiliki kontrak sampai Desember 2022.

Mundurnya Tatsuma Yoshida seperti dilaporkan Straits Times, berbekal pengumuman Federasi Sepak Bola Singapura, Selasa (28/12). Pengumuman disampaikan usai acara Menteri Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda di Stadion Jalan Besar untuk mengapresiasi kinerja tim di Piala AFF 2020.

Sebelumnya, Timnas Singapura dihentikan Indonesia di semifinal Piala AFF 2020. The Lions kalah dengan agregat 3-5.

Dalam pengumuman dijelaskan bahwa sang pelatih ingin lebih dekat dengan keluarganya di Jepang. Hal itu menjadi alasan utamanya memilih meninggalkan Timnas Singapura.

Baca Juga:

Sadar Dukungan Besar untuk Timnas Indonesia, Egy Janjikan Upaya hingga 'Mati-matian'

Terkesan dengan Timnas Indonesia, Pelatih Thailand Tegaskan Lagi Ambisi

"Keluarnya pria berusia 47 tahun itu kemungkinan akan menjadi pukulan besar bagi Singapura, mengingat konsensus umum bahwa Lions telah membaik sejak Yoshida memegang kendali pada Mei 2019," tulis ESPN.

"Di Suzuki Cup yang sedang berlangsung, Lions mencapai empat besar turnamen untuk pertama kalinya sejak terakhir kali mereka memenangkannya pada 2012 dan kemudian melakukan upaya keras untuk hampir melaju ke set penentuan."

Pada 16 Desember, pelatih yang pernah menangani Kashiwa Reysol dilaporkan mendapat tawaran dari klub kasta kedua Jepang atau J2 League, Ventforet Kofu.

Ventforet Kofu merupakan tim yang pernah ditangani saat masih bermain di kasta tertinggi J1 League pada 2017-2018. Klub ini sempat tak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia karena pernah menampung karier Irfan Bachdim.

Ventforet Kofu sedang mencari pelatih setelah Akira Ito memutuskan pensiun. Akira Ito menangani klub sejak 2019.

"Kofu menawarkan kepada Tatsuma Yoshida sebagai pelatih baru. Pelatih tim nasional Singapura saat ini," tulis Sports Hochi.

"Yoshida saat ini pelatih tim nasional Singapura, tetapi kalah di babak kualifikasi kedua Piala Duni zona Asia. Jika kontraknya dapat dibatalkan dengan pembicaraan dengan federasi, prosedur akan dilanjutkan untuk mengambil jabatan," sambung laporan media tersebut.

Tatsuma Yoshida Singapura Piala aff Piala AFF 2020
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan