BolaSkor.com - Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer, menjabarkan alasan yang berbeda soal kegagalan transfer Erling Braut Haaland. Menurut legenda Setan Merah itu, Haaland gagal ke United karena klub tak mau adanya kontrol besar dari sang agen, Mino Raiola.

Sempat dikaitkan dengan Manchester United di bursa transfer musim dingin ini, Haaland (19 tahun) justru berlabuh ke Borussia Dortmund dari RB Leipzig. Menilik pengakuan sang pemain, ia mengaku pindah ke Dortmund karena keinginannya pribadi.

"Mereka hanya langsung dan berkata, 'Kami membutuhkan Anda di depan, kami menyukai gaya bermain Anda dan kami ingin Anda ada di sini'," kata Haaland beberapa waktu lalu.

"Saya menyukai bagaimana mereka berbicara kepada saya saat itu dan itulah yang memicu saya (gabung Dortmund). Saya hanya merasa bahwa saya dan Dortmund adalah pasangan yang tepat."

Baca Juga:

Angka-angka di Balik Hat-trick Erling Haaland di Laga Debutnya bersama Borussia Dortmund

Ole Gunnar Solskjaer Komentari Transfer Erling Haaland ke Borussia Dortmund

Gagal Rekrut Haaland, Solskjaer: Manchester United Punya Mason Greenwood

Erling Braut Haaland

Namun versi berbeda muncul dari mulut Solskjaer. Manajer asal Norwegia menilai United urung merekrut Haaland karena urusan finansial, bukan karena ditolak Haaland. Solskjaer bahkan blak-blakan berbicara soal keterlibatan agen pemain dalam menentukan terealisasinya transfer klub atau tidak.

"Penting bagi kami menggunakan akal sehat," ujar Solskjaer, dikutip dari Goal.

"Ada hal-hal lain juga ketika Anda menrekrut pemain, bahwa Anda harus tetap memegang kendali. Anda tidak bisa memberi agen kontrol dengan memberikan klausul pembelian dan hal-hal seperti itu."

"Itu sudah diperbincangkan, begitu saja bagi saya, kami harus memegang kendali," tegas Solskjaer.

Pengakuan berbeda muncul lagi dari Raiola kepada The Telegraph. Menurut agen yang juga menangani Paul Pogba itu, Man United paling intens berbicara kepada Haaland dan memang sang pemain yang lebih memilih Dortmund.

“Saya tidak tahu apakah Manchester United menjelaskan hal ini, tetapi jika mereka melakukannya maka mereka akan menutupi kerugian mereka sendiri dan saya merasa aneh melihatnya dan mengecewakan," ujar Raiola.

“Klub yang memiliki kontak paling langsung dengannya adalah United. Jelas dia merasa bahwa pada saat ini itu bukan langkah yang tepat dalam kariernya. Tidak ada perasaan apapun kepada Manchester United atau Ole."

"Jika dia ingin pergi ke Manchester United saya akan diwajibkan untuk membawanya ke Manchester United, tetapi dia tidak melakukannya. Itu bukan soal ekonomi. Hanya saja pemain memilih Borussia Dortmund pada tahapan kariernya saat ini," pungkas Raiola.

Tanpa adanya striker baru yang datang sejauh ini, Man United hanya punya dua penyerang dalam kondisi bugar: Anthony Martial dan Mason Greenwood. Pasalnya Marcus Rashford tengah cedera dan klub juga belum memiliki pengganti Romelu Lukaku serta Alexis Sanchez.