BolaSkor.com - Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, menjaga asa untuk menjadi juara dunia Formula 1 (F1) musim ini. Kepastian ini didapat usai Verstappen meraih podium kedua pada balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (21/11) malam WIB.

Dalam balapan, Verstappen sempat terjegal penalti mundur lima posisi di garis start akibat tak menyadari kibasan ganda bendera kuning saat sesi kualifikasi, karena ada Pierre Gasly alami kendala di pinggir lintasan. Namun, Verstappen tampil meyakinkan dan meraih podium kedua.

Verstappen saat ini masih menduduki posisi teratas klasemen sementara pembalap F1 musim ini denan raihan 351,5 poin. Unggul 8 poin dari pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang finis pertama di GP Qatar.

“Saya tentu senang dengan hasil hari ini. Akhir pekan ini cukup sulit bagi kami sebagai tim dan kami masih kurang kecepatan. Saya mencoba semua yang saya bisa setelah penalti lima grid, jadi finis di posisi kedua dan mencetak gol. lap tercepat benar-benar bagus. Saya memiliki awal yang menarik dan saya tahu bahwa beberapa lap pertama sangat penting. Saya memiliki peluncuran yang bagus dan saya cukup cepat kembali ke posisi kedua - dari sana saya mencoba untuk menjaga jarak tetap kecil dan yang bekerja cukup baik. Saya bersenang-senang hari ini, terutama ketika pergi untuk lap tercepat," ujar Verstappen, dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

Sementara itu, rekan setim Verstappen, Sergio 'Checo' Perez finis di urutan keempat. Checo padahal berusaha membalap hingga untuk meraih podium.

“Kami berhasil pulih dari kualifikasi dan bergerak melalui grid dengan cepat dari P11. Kami berada di posisi yang sangat bagus untuk naik podium, tapi sayangnya itu tidak berhasil. Itu adalah balapan yang sangat melelahkan. sepanjang waktu, menyalip dan mendorong. Kami mengubah strategi kami sepanjang balapan; pada beberapa tahap kami akan berhenti satu kali dan di dua lainnya, tetapi ban yang lain meledak sehingga kami harus melindungi milik kami untuk mencegah tusukan dan memaksimalkan posisi di Kejuaraan Konstruktor. Saya pikir kami memiliki podium di saku kami, tetapi untuk minggu kedua menjalankan mobil keselamatan virtual berpotensi merugikan kami,” ujar Checo.

Baca Juga:

F1: Raih Podium GP Brasil, Verstappen Masih Terdepan di Klasemen Pembalap

GP Meksiko: Podium Ganda Ketiga Berturut-turut Milik Verstappen dan Perez

Dengan begitu Red Bull Racing Honda menjaga asa menjadi juara dunia konstruktor F1 musim ini. Red Bull Racing Honda mengoleksi 437, 5 poin. Selisih 13 poin dari Mercedes di urutan pertama.

“Pencapaian luar biasa bagi Max dan Checo di F1 Qatar 2021. Meski mendapati masalah jelang balapan tapi semangat di lintasan menunjukkan sebagai pembalap kompetitif. Max masih unggul delapan poin di perebutan Juara Dunia F1 2021, begitupula titel konstruktor terpaut lima poin dari Mercedes. Masih ada dua balapan lagi dan diharapkan para pembalap Red Bull Racing bisa lebih baik lagi, prestasi ini membuat para konsumen kami di Indonesia bangga semakin yakin menggunakan dan membuktikan keunggulan pelumas Mobil™," kata Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Pablo Conrad.

Kini, Verstappen dan Red Bull Racing Honda harus maksimal di dua seri tersisa agar menjadi juara dunia. GP Arab Saudi (6 Desember) dan GP Abu Dhabi (12 Desember)

“Hasil kali ini menunjukkan bahwa Red Bull Racing dan pembalap sangat kompetitif dan berpeluang meraih titel Juara Dunia Pembalap dan Juara Dunia Konstruktor di musim F1 2021, apalagi masih ada sisa dua balapan di Jeddah dan Yas Marina,” ujar Rommy. “Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan podium ini dan membuktikan keunggulan produk Mobil1™ dan Mobil™ pada kendaraan Anda. Produk-produk tersebut tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1™ dan Mobil Super™,” ujar Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Rommy Averdy.