BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menyadari tren yang terjadi di kawasan Asia Tenggara dalam beberapa waktu belakangan. Itu terkait penggunaan pemain berdarah asing, terutama keturunan untuk membantu tim nasional.

Seperti yang disampaikan oleh Presiden VFF, Le Khanh Hai, pihaknya terbuka hadirnya pemain keturunan di Timnas Vietnam. VFF bahkan mengapungkan rencana membentuk departemen khusus untuk memantau dan menilai pemain berdarah Vietnam di luar negeri.

"Dari sudut pandang lain, kami harus bangga ketika talenta sepak bola Vietnam yang punya darah asing, ingin membela Timnas Vetnam. Dan menempatkan warna Vietnam dalam posisi sangat penting. Jadi kami perlu menyambut hasrat itu sehingga mereka bisa berkontribusi untuk sepak bola Vietnam," kata Le Khanh Hai kepada Than Nien dikutip dari Thethao247.

Baca Juga:

Wakil Kapten Vietnam Tak Pandang Timnas Indonesia U-23 di Grup K?

Bek Vietnam Khawatirkan Kelebihan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23

Menurutnya, Vietnam tidak bisa menolak tren yang terjadi di sepak bola ASEAN. "Saya sepenuhnya mendukung kebijakan memanggil pemain Vietnam di luar negeri, yang memenuhi syarat, punya karakter moral, dan kemampuan yang baik."

"Kecenderungan memanggil pemain asing di negara pesaing menjadi tren di kawasan, saya bahkan melihat mereka melakukan cara untuk memaksimalkan sebaik mungkin."

"Mungkin pemain Vietnam di luar negeri harus bisa beradaptasi dengan sepak bola Vietnam melalui klub sebelum dipanggil," tambahnya.

Penggunaan pemain berdarah asing, terutama keturunan sebelum juga ditunjukkan Thailand. Sementara Indonesia belakangan kembali melakukan proses naturalisasi, untuk mengubah status kewarganegaraan pemain yang tak punya darah Indonesia.