Vietnam Berpotensi Gelar F1, Indonesia Semakin Tertinggal

Hendry WibowoHendry Wibowo - Senin, 08 Oktober 2018
Vietnam Berpotensi Gelar F1, Indonesia Semakin Tertinggal
Ilustrasi lomba F1 (Zimbio)

BolaSport.com - Satu lagi negara Asia Tenggara memiliki potensi menggelar ajang balap jet darat: Formula 1 (F1). Menariknya negara tersebut adalah Vietnam.

Direktur Lomba Federasi Automobil Internasional (FIA), Charlie Whiting bahkan telah mengunjungi kota Hanoi yang direncanakan akan dibangun sirkuit, Minggu lalu.

Whiting menyebut kemungkinan Vietnam sudah masuk kalender F1 pada tahun 2020. "Belum ada pergerakan untuk membuat trek. Tapi lokasinya (sirkuit) sudah ditentukan. Mereka bakal mendesain treknya," kata Whiting.

"Sejauh yang saya ketahui, Vietnam sudah ingin menggelar F1 pada tahun 2020. Berdasarkan pengalaman saya, seharusnya itu tidak akan menjadi masalah (sekarang mereka belum memulai membangun sirkuit)," Whiting melanjutkan.

Whiting menegaskan posisi sirkuit berada di sebelah barat Hanoi atau sekitar 12 km dari pusat kota. Menariknya ia menyebut jenis lintasan merupakan sirkuit jalan raya dan untuk sekarang beberapa bagian jalan tersebut memang belum dibuat.

"Jadi treknya berada di ruang terbuka. Mereka akan membangun bangunan pit. Kemudian bagian dari trek yang sekarang belum ada juga bakal dibuat. Tapi saya rasa usai balapan, treknya menjadi jalanan umum," Whiting menjelaskan.

Fakta Vietnam sudah mulai dilirik FIA untuk menggelar F1, tentu sebuah tamparan keras bagi Indonesia yang notabene negara tetangga. Dengan status sebagai salah satu negara Asia Tenggara paling potensial untuk industri otomotif, Indonesia sebenarnya lebih menjanjikan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP dan F1 Lainnya di KabarOto.com

Breaking News Indonesia Vietnam Formula 1 Charlie Whiting Asia Tenggara
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan