Villarreal Vs Manchester United: Potensi Adu Penalti di Final Liga Europa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 26 Mei 2021
Villarreal Vs Manchester United: Potensi Adu Penalti di Final Liga Europa
Eksekusi penalti Bruno Fernandes (Twitter)

BolaSkor.com - Pertemuan Villarreal dan Manchester United merupakan final idaman di Liga Europa 2020-2021. Namun pemenang laga ini sangat berpotensi ditentukan lewat babak adu penalti.

Duel kedua tim rencananya akan berlangsung di Stadion Miejski, Kamis (27/5) pukul 02.00 dini hari WIB. Manchester United dan Villarreal memiliki peluang yang sama untuk keluar sebagai juara.

Manchester United di atas kertas memiliki materi pemain yang lebih baik ketimbang Villarreal. Status sebagai buangan dari Liga Champions juga membuat Setan Merah layak menyandang status unggulan.

Baca Juga:

Prediksi Villarreal Vs Manchester United: Memburu Happy Ending

Nostalgia Pertemuan MU Vs Villarreal di Eropa

Nasib Skuad Manchester United Peraih Juara Liga Europa 2016-2017

Villarreal vs Manchester United

Namun Villarreal tidak bisa diremehkan begitu saja. Tim asuhan Unai Emery belum terkalahkan pada ajang Liga Europa musim ini.

Rekor tersebut menjadi modal berharga Villarreal untuk melakoni laga final. Gerard Moreno dan kawan-kawan tentu ingin menyempurnakannya dengan trofi.

Emery juga lebih berpengalaman ketimbang Ole Gunnar Solskjaer di Liga Europa. Juru taktik berusia 49 tahun itu sudah memiliki tiga medali juara saat menangani Sevilla.

Fakta-fakta tersebut membuat pemenang laga ini sulit diprediksi. Apalagi jika kita berkaca dari sejarah pertemuan kedua tim.

Laga final nanti memang menjadi pertemuan perdana Manchester United dan Villarreal di Liga Europa. Namun kedua tim sudah pernah berjumpa empat kali pada ajang Liga Champions

Manchester United dua kali tergabung di grup yang sama pada Liga Champions 2005-2006 dan 2008-2009. Catatan menarik pun mewarnai pertemuan kedua tim.

Dari empat pertemuan di dua fase grup tersebut, Manchester United dan Villarreal sama-sama gagal mencetak gol.

Pertandingan kedua tim selalu berakhir imbang 0-0. Hal ini menunjukkan alotnya duel antara Manchester United dan Villarreal.

Bukan tidak mungkin skor 0-0 akan kembali berlanjut di final nanti. Jika benar terjadi, maka sang pemenang harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Statistik Penalti Kedua Tim

Jika adu penalti akan dilakukan, Manchester United memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi juara. Raksasa Inggris itu memiliki lebih banyak algojo penalti berkualitas.

Sepanjang musim ini, setidaknya ada empat pemain yang pernah menjadi eksekutor penalti Manchester United dari 18 kesempatan. Keempat pemain yang dimaksud adalah Bruno Fernandes (14 kali), Juan Mata (2 kali), Marcus Rashford (1 kali), dan Anthony Martial (1 kali).

Dari jumlah tersebut, hanya Bruno Fernandes yang sempat satu kali gagal menjalankan tugasnya. Sementara sisanya berakhir dengan gol.

Sementara Villarreal punya lima pemain yang pernah menjadi eksekutor penalti musim ini dengan 19 kesempatan. Kelimanya yaitu Gerard Moreno (12 kali), Paco Alcacer (4 kali), Moi Gomez (1 kali), Fer Nino (1 kali), dan Carlos Bacca (1 kali).

Hasilnya, Alcacer sempat dua kali gagal melaksanakan tugasnya. Sementara Bacca satu kali dan sisanya sukses.

Rekor penalti kedua tim sebenarnya tidak bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan di final nanti. Gengsi dan tekanan meraih trofi membuat mental sebuah tim sangat diuji.

Manchester United Villarreal Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan