BolaSkor.com - Bertepatan dengan musim kesuksesan terbesar Manchester City kala meraih treble titel: Piala Liga, Premier League, dan Piala FA, kapten sekaligus bek tengah klub, Vincent Kompany, memutuskan untuk hengkang.

Kompany, 33 tahun, meninggalkan City untuk kembali ke Anderlecht dan menjadi pemain-manajer di sana. Anderlecht klub yang pernah dibelanya dari 2000 hingga 2006 (dari level akademi). Kompany sudah 11 tahun bermain untuk City.

"Saya memilih bersyukur atas masa lalu, tapi tetap ambisius dan termotivasi untuk masa depan," ucap Kompany.

"Untuk tiga tahun ke depan, saya akan mengambil peran pemain-manajer Anderlecht. Kebugaran Belgia. Ini mungkin mengejutkan Anda. Ini keputusan paling menggairahkan, tapi juga keputusan rasional yang pernah saya buat."

Baca Juga:

Manchester City 6-0 Watford: Sejarah Tercipta, The Citizens Sapu Bersih Titel Domestik

Phil Foden, Kisah Impian Seorang Anak Gawang

Perang Melawan Dinasti yang Tengah Dibangun Pep Guardiola di Manchester City

Vincent Kompany

Dibeli dari Hamburg pada 2008, Kompany mengawali era baru Man City di bawah kepemilikan Sheikh Mansour. Satu dekade lebih bermain untuk City, Kompany sudah meraih empat titel Premier League, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Community Shield.

Kompany telah tampil sebanyak 360 kali dan mencetak 20 gol. Bersama timnas Belgia, Kompany telah tampil 87 kali dan menorehkan empat gol. Menurutnya, ini waktu yang tepat untuk berpisah dengan Manchester Biru.

"Kita semua telah melihat penutupan musim yang sangat hebat. Trofi ke-11 saya sebagai Blue. Saya tidak percaya menulis ini, tapi ... juga menjadi yang terakhir saya dengan Blues," tutur Kompany di akun Facebook @vincentkompany.

"Berulang kali tanpa pernah tahu berapa banyak saya membayangkan hari ini, lagipula, akhir terasa sudah dekat selama beberapa tahun terakhir. Ini masih tidak terasa nyata. Man City telah memberikan saya segalanya.

"Sebagaimana beratnya ini, waktunya telah tiba untuk saya pergi setelah musim yang sangat bagus. Saya tidak merasakan apapun tapi rasa bersyukur dan terima kasih. Saya berterima kasih kepada mereka semua yang mendukung saya di perjalanan spesial di klub yang sangat spesial."

"Saya mengingat hari pertama, sejelas saya melihat yang terakhir. Saya ingat kebaikan tanpa batas yang saya terima dari orang-orang di Manchester. Saya tidak akan pernah lupa bagaimana seluruh suporter Man City tetap loyal kepada saya di masa-masa bagus dan khususnya di masa-masa buruk," tutur Kompany.

Keputusan Kompany ditanggapi berbeda oleh figur-figur sepak bola di Inggris. Gary Lineker, ikon sepak bola Inggris, menuturkan doanya kepada Lineker.

"Semoga berhasil untuk Anda, Kompany, dengan tantangan baru Anda. Salah satu dari pemain terhebat, pemimpin, dan panutan yang telah bermain di rumput hijau negeri ini, dan cara yang hebat meninggalkan Man City," tutur Lineker di @GaryLineker.