BolaSkor.com - Mantan bek Manchester City, Vincent Kompany, menilai Virgil van Dijk adalah bek terbaik yang pernah ia hadapi di Premier League. Kompany menegaskan, Van Dijk bisa memberikan dampak positif bagi Liverpool.

Virgil van Dijk menjelma menjadi elemen paling penting di lini belakang Liverpool dalam beberapa waktu terakhir. Ia membuktikan jika The Reds tidak salah mengeluarkan dana selangit untuk mendatangkannya dari Southampton.

Pada musim pertamanya, Van Dijk sudah membawa Liverpool ke final Liga Champions. Sayangnya, di laga puncak, Mohamed Salah dan kawan-kawan ditekuk Real Madrid.

Baca juga:

Sergio Ramos Suarakan Dukungan kepada Virgil van Dijk untuk Memenangi Ballon d'Or 2019

Liverpool Kembali Memegang Teguh Prinsip Pantang Melego Tulang Punggung Tim

Virgil van Dijk

Musim berikutnya, Van Dijk semakin menyatu dengan skema permainan Jurgen Klopp. Walhasil, Liverpool berhasil mengakhiri musim dengan merengkuh titel Liga Champions. Sementara itu, di Premier League, The Reds memberikan perlawanan sengit pada Manchester City hingga pekan terakhir.

Tak pelak, Van Dijk pun mendapatkan penhargaan pemain terbaik UEFA. Ia juga digadang-gadang sebagai calon kuat pemenang Ballon d'Or.

Penampilan impresif Van Dijk tersebut membuat Kompany kagum. Usai laga perpisahan bersama Manchester City, Kompany memberikan sanjungan setinggi langit untuk Van Dijk.

"Saya akan kembali ke pemain yang benar-benar mengesankan ketika melawan mereka. Saya akan menyebut nama Virgil van Dijk," ujar Kompany seperti dilaporkan FourFourTwo.

"Dari apa yang saya lihat berdampak pada tim, menjadi pemain bertahan adalah bukan soal tentang diri Anda, itu adalah bagaimana membuat tim solid. Liverpool sebelum dan sesudah Van Dijk adalah tim yang sama sekali berbeda," tegas pria asal Belgia itu.

Vincent Kompany memutuskan meninggalkan Manchester City pada akhir musim 2018-2019. Kini, pria 33 tahun tersebut kembali ke klub masa mudanya, RSC Anderlecht, dengan status pemain merangkap pelatih.